Home » » Kali Pertama, UIN Sultan Thaha Jambi Gelar PBAK di Tahun 2017

Kali Pertama, UIN Sultan Thaha Jambi Gelar PBAK di Tahun 2017

Written By jambipos-online on Monday, August 28, 2017 | 18:02

“Dengan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Kita Bina Akhlaqul Karimah Dalam Bingkai NKRI”, yang diikuti sekitar 3000 Mahasiswa itu dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WIB di Gedung Auditorium Prof Dr Chotib Quzwain, UIN STS Jambi, Senin (28/8/2017). (Istimewa)
 Jambipos Online, Jambi-Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi sambut Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018 dengan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) yang akan diselenggrakan dari tanggal Senin-Rabu 28-30 Agustus 2017. 

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Dengan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Kita Bina Akhlaqul Karimah Dalam Bingkai NKRI”, yang diikuti sekitar 3000 Mahasiswa itu dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WIB di Gedung Auditorium Prof Dr Chotib Quzwain, UIN STS Jambi, Senin (28/8/2017). 

Rektor IAIN STS Jambi, Hadri Hasan menyampaikan bahwa tujuan PBAK adalah mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya. 

Menambah wawasan Mahasiswa Baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal. Selain itu, Rektor berharap Mahasiswa Baru dapat memahami dengan benar sistem PBAK sebagaimana di atur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 4962 Tahun 2016. 

Melalui PBAK, Rektor juga berharap mahasiswa senior bisa memanfaatkan momen itu untuk membekali mahasiswa baru dengan berpikir kritis dan idealis namun tetap religis. 
“UIN STS Jambi membuat regulasi baru untuk pembinaan mahasiswa tahun 2017, Model baru ini lebih membentuk karakter dan pembinaan mental spritual mahasiswa melalui PBAK sebelumnya dikenal Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK),” kata Ketua Panitia PBAK, Syakur kepada wartawan disela-sela kegiatan, Senin (28/8/2017). 

Lebih lanjut, dijelaskannya perubahan nama tersebut mengacu pada peraturan yang telah disahkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, bahwa sebutan OPAK akan berubah menjadi PBAK. 

Dalam penanganan PBAK sekarang ini, Kepanitian ingin menunjukan kampus intelektual yang Islami. Sementara itu, Ketua Dema UIN STS Arfah dalam sambutannya menyampaikan agar mahasiswa baru senantiasa mengikuti kegiatan PBAK yang akan digelar 28-30 Agustus 2017. 

“Para peserta PBAK tahun 2017-2018 diharapkan untuk senantiasa mengikuti aturan dan kegiatan PBAK selama tiga hari. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, karena ini merupakan salah satu persyaratan dalam penyelasaian study di kampus,” jelasnya. Disamping itu, Arfah berharap melalui kegiatan ini bisa melahirkan mahasiswa yang cerdas dan kritis. 

“Semoga dari kegiatan ini sukses yang melahirkan mahasiswa yang cerdas, berintelektual dan kritis,” harapnya. 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Rektor UIN STS Jambi Dr. H.Hadri Hasan, MA, Wakil Rektor I Dr. H Suadi Asyari, MA. Ph.D., Wakil Rektor II Dr. H. Marwazi, MA, Wakil Rektor III. Dr. Hj. Fadhilah, M.Pd, dan Ketua Dema Arfah, Organisasi diruang lingkup UIN STS Jambi dan Kepanitian PBAK serta Ribuan Mahasiswa baru. (JP-Wan)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos