Home » , , » 57 Peserta Calon Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi Digugurkan

57 Peserta Calon Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi Digugurkan

Written By jambipos-online on Wednesday, August 9, 2017 | 20:42

Sebanyak 69 calon komisioner Bawaslu Provinsi Jambi telah menjalani tes tertulis, Rabu (9/8/2017) di Kampus STIKOM Dinamika Bangsa Jambi. Istimewa
Jambipos Online, Jambi-Sebanyak 57 dari 69 peserta calon komisioner Panwas Provinsi Jambi akan digugurkan pada tes seleksi tahap awal. Panitia seleksi hanya meloloskan 12 besar pada tahap awal untuk mengikuti tes tahap berikutnya. Pengumuman tes tahap awal akan diumumkan pada 14 Agustus 2017 mendatang. Sebanyak 69 calon komisioner Bawaslu Provinsi Jambi telah menjalani tes tertulis, Rabu (9/8/2017) di Kampus STIKOM Dinamika Bangsa Jambi. 

Seluruh peserta tidak mengerjakan soal dengan manual, namun menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT). Karena itu, satu peserta berada di satu komputer untuk menjawab soal yang sudah disiapkan panitia. 

Tes tertulis sendiri dibagi menjadi dua sesi yakni pagi dan siang. Para peserta juga mendapatkan soal yang berbeda-beda. Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi yang ikut tes di sesi pertama mengaku memberikan apresiasi atas seleksi sistem CAT. 

“Semua soal tentang perundang- undangan yang berkaitan dengan pemilu," katanya. Dalam sesi pertama juga tampak Ketua KPU Bungo, Dailami. 

“Ya lumayanlah soalnya. Ada 150, banyak undang-undang," katanya sembari tertawa. Ketua Tim Seleksi Calon Bawaslu Provinsi Jambi, Anshorullah mengatakan jika seleksi tahap pertama ini terdiri dari tes tertulis, kesehatan dan psikologi. 

“Kamis (10/8/2017) sampai Jumat (11/8/2017) dilakukan tes psikologi 1 dan kesehatan 1, jadi masih ada dua tes lagi," katanya. Dikatakan, seluruh tahapan ini nantinya akan menyaring menjadi 12 besar. Setelah itu baru memasuki tahap kedua. 

“Untuk tes besok, kami berharap seluruh peserta menyiapkan diri. Jangan kelelahan, jangan stress, tenang saja," ujarnya. 

Kata Anshorullah, setelah menyelesaikan seluruh tahapan seleksi di tahap pertama, maka pihaknya akan melakukan rekap terhadap seluruh nilai. Baik nilai tes tertulis, tes kesehatan dan psikologi. Setelah itu pihaknya akan melakukan pleno untuk memutuskan 12 besar berdasarkan nilai yang sudah ada. “Insya Allah kalau jadwal pengumuman tanggal 14 Agustus 2017,” ujarnya. 

Pada tes tahap awal ini, pesert ada dari KPU Kabupaten Tanjabbar, Muarojambi, Sarolangun dan juga Kota Jambi. Ada juga mantan komisioner KPU yang saat ini tak lagi menjabat. 

Komisioner KPU yang mendaftar yakni dari KPU Tanjabbar ada tiga nama yakni Suroso, Hairuddin dan Apnizal. Di Sarolangun ada satu nama Thoriq Kurniawan, di KPU Muarojambi ada dua nama yakni Suparmin dan Raden Syahruddin. 

Selanjutnya di Kota Jambi juga ada satu nama yakni mantan Ketua KPU Kota Jambi Ratna Dewi juga kembali turun dalam seleksi ini. 

Kata Ansorullah, sebelumnya ada 78 calon yang sudah menyerahkan persyaratan administrasi pendaftaran calon yang sudah diperpanjang hingga 3 Agustus 2017 untuk melengkapi administrasi yang kurang. Namun yang lolos seleksi administrasi hanya 69 peserta dan sudah melakukan tes tahap awal, Rabu (9/8/2017). (JP-L33)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos