Home » , , » Zola: Halal Bi Halal, Silaturahmi Menjaga Keimanan dan Kebersamaan

Zola: Halal Bi Halal, Silaturahmi Menjaga Keimanan dan Kebersamaan

Written By jambipos-online on Friday, July 7, 2017 | 07:52

 Jambipos Online, Bungo- Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli, S.TP, MA menggelar Tabliqh Akbar dan halal bi halal keliling di kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Kali ini, Gubernur Jambi melakukan Halal bi Halal di Kabupaten Bungo bersama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bungo, bertempat di Masjid Agung Al-Mubarak Muaro Bungo Kamis (06/07/2017). 

Zola yang didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj. Sherrin Tharia Zola mengemukakan, Halal bi Halal merupakan ajang silaturahmi untuk menjaga keimanan dan kebersamaan, yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sosial dan pembangunan. 

Bupati Bungo H.Mashuri, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bungo, Hj.Verawaty, Wakil Bupati Bungo, Safrudin Dwi Apriyanto, unsur Forkompimda Kabupaten Bungo, Sekda Bungo, Drs.H.Ridwan Is, MM turut serta dalam Halal bi Halal tersebut. Zola mengatakan, bulan Ramadhan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia serta banyak keberkahan yang tidak dimiliki di bulan yang lain. 
“Halal bi Halal merupakan budaya khas Indonesia khususnya di Sumatera, Halal bi Halal memang bukan Syariat Islam, tapi merupakan kearifan lokal, ini merupakan produk asli Indonesia, apalagi kita ini Melayu, Halal bi Halal bisa dilakukan di mana saja mulai dari perkampungan, perkotaan, sekolahan, perkuliahan bahkan sampai di perkantoran. 

Halal bi Halal diartikan sebagai hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah Puasa Ramadhan, biasanya dilakukan di suatutempat oleh sekelompok orang. Dengan saling bermaaf-maafan diharapkan kita semua menjadi manusia yang fitri," ujar Zola. 

“Silaturrahmi untuk peningkatan iman kepada Allah SWT serta untuk menjaga kekompakan bersama," sambung Zola. 
 
Zola menjelaskan manfaat puasa yang telah dilaksanakan selama satu bulan penuh akan memberi hikmah dalam berkerja di muka bumi ini untuk mencari nafkah. 

"Karena Islam menjelaskan berkerja merupakan suatu ibadah. Ibadah yang berkualitas adalah kerja yang dilakukan dengan konsisten dan penuh tanggungjawab," jelas Zola. 

 “Momentum Halal bi Halal ini juga kita pergunakan untuk melihat langsung pembangunan yang sedang berlangsung di Kabupaten Bungo, baik itu pekerjaan pemerintah Provinsi Jambi juga pekerjaan Kabupaten Bungo yang sedang berlanjut, pembangunan ini secara bertahap terus kita lakukan," sambung Zola. 

Zola mengungkapkan, open house yang diselenggarakan di rumah dinas Gubernur Jambi beberapa hari yang lalu, waktunya begitu singkat dan banyak masyarakat yang tidak sempat datang. 

"Untuk itu, tradisi yang biasanya bapak ibu yang datang ke Rumah DInas Gubernur Jambi, kini saya dan istri berserta rombongan datang mengunjungi saudara-saudara kita yang tidak sempat datang ke rumah dinas. Kami yang muda mendatangi yang lebih tua," sebut Zola. 

 Selain itu, Zola menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Bupati Bungo yang telah memfasilitasi Halal bi Halal serta Tabliq Akbar berjalan dengan sukses. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati Bunga beserta segenap Pemerintah Kabupaten Bungo dan masyarakat yang telah memfasilitasi Halal bi Halal dan Tabliq Akbar ini berjalan dengan sukses," pungkas Zola. 

Sebelumnya, Bupati Bungo, H. Mashuri menyampaikan bahwa Halal bi halal merupakan suatu momen yang sangat penting dalam peningkatan ukwah Islamiah kita terhadap sesama. 
 
Tauziah dan ceramah yang disampaikan Syeikh Ahmad Al Mishry menjelaskan berlipatnya pahala amalan di bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan memperbanyak membaca Al-Qur'an, memperbanyak sholat sunat, tarawih dan tahjut di tengah malam. 

"Selama bulan Ramadhan, Allah membuka pintu ampunan bagi seluruh hambanya, karena itu bulan Ramadhan adalah bulan emas bagi kita semua untuk bertobat kembali ke fitrah," tutur Syeikh Ahmad Al Mishry. (JP-Humas)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos