Home » , » Wagub Lepas 300 Peserta Magang Disnakertrans Ke 26 Perusahaan

Wagub Lepas 300 Peserta Magang Disnakertrans Ke 26 Perusahaan

Written By jambipos-online on Friday, July 21, 2017 | 08:01




Jambipos Online, Jambi-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi berusaha untuk mempersiapkan calon tenaga kerja yang terampil untuk memasuki dunia kerja. Untuk itu, Pemprov Jambi melalu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan di Provinsi Jambi untuk melakukan pemagangan, dengan sasaran untuk menghasilkan calon tenaga kerja yang kompetitif di Provinsi Jambi, bakan untuk tingkat nasional dan internasional. 

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum melepas 300 orang peserta magang dalam rangka menyiapkan diri menjadi calon tenaga kerja terampil Kamis (20/7/2017), bertempat di halaman Kantor Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinas Nakertrans) Provinsi Jambi. Acara tersebut dihadiri oleh 26 perusahaan yang menjadi mitra pemerintah. Para peserta akan dilatih selama lima bulan dengan materi 1 bulan di dalam kelas dan 4 bulan di lapangan. Hadir pula Ditjen Binalatas Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ir.Suhadi,M.Si, perwakilan Forkompimda Provinsi Jambi. 

Kegiatan pemagangan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi pemagangan yang mencakup peningkatan pengetahuan, keterampilan, disipilin, sikap/perilaku, dan menambah pengalaman kerja di perusahaan masing-masing sehingga menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dan siap kerja.

Fachrori Umar menyampaikan, program yang dilaksanakan oleh Disnakertrans dalam rangka mempersiapkan tenaga kerja yang terampil dan tangguh. 
“Hal ini saya sampaikan mengingat di era globalisasi dan MEA, kompetisi untuk mendapatkan lapangan pekerjaan bersifat global. Saudara-saudara tidak lagi bersaing untuk mendapatkan lapangan pekerjaan dengan sesama masyarakat Jambi atau bangsa Indonesia, akan tetapi kompetitior kita sudah dari negara lain. Oleh karena itu melalui kesempatan ini saya berpesan agar seluruh masyarakat Jambi berbenah mempersiapkan diri agar tidak kalah bersaing. Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Nakertrans terus berupaya meningkatkan kompetensi dan keterampilan tenaga kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja,” katanya. 

Fachrori Umar berpesan kepada para peserta magang untuk menjaga etika selama proses pemagangan dan memanfaatkan waktu pemagangan untuk meningkatkan kompetensi diri untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. 

“Saya berharap pemagangan yang dilaksanakan ini untuk meningkatkan kualitas, kompetensi, dan keterampilan bagi pencari kerja, khususnya bagi peserta pemagangan yang diiringi pula terjadinya perubahan sikap mental supaya termotivasi untuk bekerja keras sehingga menjadi insan yang produktif. Dan saya yakin program ini akan berhasil secara optimal apabila adanya kerjasama yang baik antara peserta magang dan perusahaan, serta adanya kesungguhan hati dari para peserta. Saya juga berharap kepada saudara dan pengusaha untuk dapat membina dan membimbing peserta magang, serta berikanlah kepada kami laporan yang sebenarnya terhadap perkembangan peserta magang di perusahaan saudara,” jelasnya. 

Sementara itu, Ditjen Binalatas Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ir.Suhadi,M.Si memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang telah mengadakan kegiatan ini.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengharapkan kegiatan ini terus dianggarkan di APBD, dan kepada perusahaan saya berharap dapat melaksanakan program ini secara mandiri seperti yang sudah dilaksanakan di beberapa Provinsi diantaranya Jateng,” tutur Suhadi. (JP-Humas)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos