Home » , , , » Jalan Produksi Masih Kendala Petani di Kerinci

Jalan Produksi Masih Kendala Petani di Kerinci

Written By jambipos-online on Wednesday, July 26, 2017 | 18:15


Gubernur Berikan Bantuan Alsintan, Bibit, dan Obat Tanaman 

Jambipos Online, Kerinci-Jalan produksi ke sentra-sentra pertanian di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh hingga kini masih menjadi kendala dalam pengembangan produktivitas pertanian di dua daerah itu. Gubernur Jambi H Zumi Zola mengajak kepala daerah dan elemen masyarakat untuk bahu membahu membangun jalan produksi di Kerinci dan Kota Sungaipenuh. 

Hal itu terungkap pada Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-45 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017 yang diselenggarakan di Sub Terminal Agribisnis (STA) Kayu Aro Kabupaten Kerinci, Selasa (25/07/2017). 

Pada kesempatan itu Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli, S.TP,MA mengajak bupati/walikota se Provinsi Jambi untuk bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi membangun jalan produksi, yaitu jalan-jalan ke sentra produksi sektor pertanian, subsektor perkebunan, dan ke sentra nelayan. 

Sinergi Pemerintah Provinsi Jambi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota sebagai upaya untuk memudahkan petani dan mengurangi biaya operasional, yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan para petani dan nelayan. 
 
Selain itu, Zumi Zola memberikan bantuan berupa alat-alat mesin pertanian (alsintan), bibit, dan obat-obat tanaman. Bersamaan dengan pembangunan jalan produksi, pemberian bantuan ini juga ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani. 

“Untuk peningkatan harga barang pertanian, saya minta Bupati/Walikota agar segera memperbaiki jalan produksi, apabila bahan pertanian atau hasil pertanian dengan mudah dibawa ke lokasi akan mengurangi biaya dan otomatis bisa memperlancar para petani jual beli produksi pertanian," kata Zola. 

Zola memotivasi para petani agar terus meningkatkan hasil pertanian. “Pemerintah Provinsi Jambi berkomitmen terus mendorong para petani agar meningkatkan produksi pertanian. Tanpa ada petani, semua kebutuhan pangan tidak akan bisa terpenuhi, yaitu masyarakat di desa maupun di kota, oleh sebab itu tidak berlebihan jika dikatakan petani, nelayan pahlawan untuk kita semuanya,” ujar Zola. 

“Hari Krida Pertanian merupakan bentuk ucapan terima kasih kita kepada semua insan pertanian yang telah berjasa di bidang pertanian, mulai dari pelosok desa hingga sampai di kota besar. Pemerintah Provinsi Jambi siap membantu para petani, sejalan dengan program Nawacita Presiden dan program Jambi TUNTAS 2021 yang salah satunya meningkatkan produktivitas pertanian di Provinsi Jambi," ungkap Zola. 

“Sebagai tanda terima kasih kami, gubernur, bupati/walikota kepada para petani, kami akan selalu berkomitmen memberikan dorongan dalam bentuk memberikan bantuan berupa aslintan, bibit, dan juga obat tanaman lengkap, ajukanlah ke Pemrov," tutur Zola. 
 
Disebutkan, pemerintah perlu membuat payung hukum untuk para petani agar mereka merasakan keyamanan dalam bercocok tanam serta menghindari alih fungsi lahan yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi, dengan membuat Peraturan Daerah (Perda) untuk melindungi keberadaan lahan pertanian pangan supaya tidak dialihfungsikan. 

Zola juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada bupati/walikota, serta seluruh insan pertanian, perikanan, kehutanan, para penyuluh pertanian, dan kelompok tani yang telah bersinergi dan berkerja keras dalam penyediaan bahan pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan di Provinsi Jambi. 
 
Bupati Kerinci, Dr.H.Adi Rozal menyatakan, Hari Krida Pertanian sebagai support bagi para petani yang bermartabat dengan harapan supaya petani mampu mandiri di bidang pangan, dan kekuatan potensi sumber daya pertanian harus mampu dikembangkan untuk mencapai kedaulatan pangan di Provinsi jambi," sambung Bupati Adi Rozal menyampaikan ucapan terima kasihnya atas ditunjuknya Kabupaten Kerinci sebagai penyelenggara Hari Krida Pertanian Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017. 

“Kabupaten Kerinci sudah lama menunggu HKP karena Kerinci sangat tepat dijadikan sebagai tempat pertanian dalam berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam perkembangan pertanian," kata Adi Rozal. 

Produksi Beras 53.758 Ton 

“Pada tahun 2017 ini sampai bulan Mei, realisasi penyediaan Beras Kerinci mencapai 53.758 ton, artinya 569,9 persen merupakan surplus bagi Kabupaten Kerinci, sudah melebihi," ujar Adi Rozal. 
 
Selanjutnya, Adi Rozal juga minta bantuan kepada Pemerintah Provinsi Jambi agar memperbaiki saluran irigasi. Pada kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan hadiah kepadq para pemenang lomba bagi kabupaten/kota, yaitu Asah Trampil Petani, Tebak Varietas Padi, Identifikasi Hijau Makanan Ternak, Tarik Tambang, Menebak jenis ikan lela, dan lain-lain. umum Kabupaten Tanjung Jabung Timur meraih juara umum. 

Sebelum pembukaan puncak HKP, Gubernur Jambi, H.Zumi Zola dan Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj. Sherrin Tharia Zola didampingi Bupati Kerinci berserta Ketua TP PKK Kabupaten Kerinci, Hj. Nailil Husna berserta rombongan meninjau produksi dan produktivitas ternak dengan melakukan kawin suntik dan inseminasi buatan, temu profesi Penyuluh Pertanian, dan panen perdana Jagung Hybrida NK22 dan Kentang dalam rangka Gelar Teknologi Pertanian yang berkerja sama dengan BPTP Balitbangtan Jambi. 
 
Tema HKP tersebut adalah "Dengan Semangat Hari Krida Pertanian (HKP) ke-45 Petani Nelayan Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017, Kita Tingkatkan Produksi dan Daya Saing Produk Pertanian Mewujudkan JAMBI TUNTAS 2021." 

Bupati/walikota atau yang mewakili se Provinsi Jambi, unsur Forkompimda Provinsi Jambi, Kepala OPD terkait dari Pemerintah Provinsi Jambi, unsur Forkompimda Kabupaten Kerinci, para OPD Kabupaten Kerinci, serta para undangan lainya, turut hadir dalam acara tersebut. (JP-Humas)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos