Home » , » Halalbihalal dan Pentas Hiburan Masyarakat Jambi Asal Minang Meriah

Halalbihalal dan Pentas Hiburan Masyarakat Jambi Asal Minang Meriah

Written By jambipos-online on Sunday, July 23, 2017 | 12:56


Penampilan artis Minang terkenal yaitu Ratu Sikumbang dan Nedi Gampo mendampingi Walikota Jambi H Syarif Fasha dan istri saat membawakan lagu Minang, Sabtu (22/7/2017).
Jambipos Online, Jambi-Suasana lapangan kantor Walikota Jambi seketika ramai. Ribuan masyarakat memadati lapangan kantor Walikota Jambi untuk menghadiri acara Halalbihalal dan Pesta Hiburan masyarakat Kota Jambi asal Minang bersama Walikota Jambi H Syarif Fasha dan jajaran. Seluruh masyarakat Minang yang hadir dilepaskan rindunya terhadap kampung halaman dengan lagu-lagu Minang. 

Agenda yang mengambil momen silahturahmi tahunan ini menampilkan berbagai kesenian adat Minang Sumatera Barat. Mulai dari Tari Piring, Pantun berbahasa Minang, dan penampilan kesenial lain yang berasal dari Minang juga menghipnotis para tamu undangan terbuka Walikota Fasha ini. 

Bahkan tidak tanggung-tanggung, tembang Takicuah Di Nantarang yang dibawakan oleh artis terkemuka di Sumatera Barat Ratu Sikumbang, sontak membuat penonton ikut bernyanyi. 

Walikota Jambi Syarif Fasha, ketika memberikan sambutannya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kota Jambi asal Minang yang hadir pada acara halal bi halal itu. 

Dia mengatakan, bahwa sekarang Bineka Tunggal Ika ada di Jambi. Sebab kata Fasha, semua suku menjadi pejabat di Kota Jambi. 

“Mungkin lebih 10 ribu masyarakat asal Minang yang hadir pada malam ini. Ini menandakan masyarakat Kota Jambi asal Minang merindukan kampung halaman. Maka kami hadir untuk memfasilitasi, agar rindu itu terlepaskan," ujar Fasha. 
Fasha juga mengakui bahwa banyak kelebihan yang dimiliki oleh orang Minang, salah satunya dari segi kuliner. Bagi Fasha, tidak ada masakan yang bisa menandingi masakan Padang, bahkan jika dirinya pergi dinas ke luar negeri selalu membawa bekal masakan Padang. 

Atas terselenggaranya acara halal bi halal Walikota Jambi bersama masyarakat Kota Jambi Asal minang tersebut, Syarif Fasha berharap kerukunan antar suku, etnis, agama dan ras di Kota Jambi tetap terjaga. 

“Tugas kami sebagai kepala daerah adalah mempersatukan semua agama, mempersatukan semua suku, mempersatukan semua ras. Tidak bisa seorang pemimpin mengayomi satu agama saja,” kata Fasha. 

Silaturahmi Budaya 

Pada acara ini, Tuo-tuo Tengganai, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cerdik Pandai, Bundo Kanduang, Pemuda-Pemudi dan Dunsanak semuanya warga Kota Jambi asal Minang menghadiri acara silaturrahmi Halal Bihalal Idul Fitri 1438 Hijriah dan Pentas Hiburan tersebut. 

Acara ini berlangsung meriah karena menyediakan berbagai hadiah dooprize serta penampilan dari artis Minang terkenal yaitu Ratu Sikumbang dan Nedi Gampo. Pada acara ini hadiah hiburan 2 unit sepeda motor, serta berbagai hadiah menarik lainnya. 

Sesepuh masyarakat Minang di Jambi, H Mardinal Sutan Marajo melalui Ketua Panitia Halal Bihalal Faisal Chaniago, A. Md, Jo Mudo, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. 

“Alhamdulillah, atas nama panitia dan masyarakat Minang Kota Jambi, kami mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Jambi Bapak Syarif Fasha yang memfasilitasi kegiatan ini,” kata Faisal. 

Kegiatan Halal Bihalal dengan tema “Baserak Mencari Untuang, Batamu Tando Sakampuang, Dima Bumi Dipijak Disitu Langik Dijunjuang”, berlangsung meriah dan penuh silaturahmi. (JP-Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos