Home » , » 3.000 Orang Pemudik Tiba Kembali di Kota Jambi

3.000 Orang Pemudik Tiba Kembali di Kota Jambi

Written By jambipos-online on Saturday, July 1, 2017 | 20:57

Petugas Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kuala Tungkal (kanan) mengawasi barang bawaan pemudik KMP Batam Line 2 yang tiba di Pelabuhan Marina saat puncak arus mudik laut daerah itu di Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, Jambi, Kamis (22/6). Puncak arus mudik laut daerah itu terjadi hari ini dengan jumlah penumpang mencapai 600 orang lebih atau hampir 50 persen lebih banyak dibanding hari sebelumnya.
Jambipos Online, Jambi-Sedikitnya 3.000 orang warga Kota Jambi yang mudik Lebaran tiba kembali melalui terminal bus Alam Barajo, Kota Jambi, Jumat (30/6). Para pemudik yang balik Lebaran tersebut sebagian besar dari daerah kabupaten di Provinsi Jambi dan berbagai provinsi di Sumatera. Sedangkan warga Kota Jambi yang mudik lebaran ke berbagai kota di Pulau Jawa diperkirakan balik Lebaran Minggu (2/7). 

“Peningkatan arus balik Lebaran di terminal bus Alam Barajo, Kota Jambi sudah terjadi pada H + 4 Lebaran, Kamis (29/6). Puncak arus balik Lebaran melalui terminal bus Alam Barajo terjadi Sabtu – Minggu (1 – 2/6). 

Paling tidak 90 persen warga Kota Jambi yang mudik Lebaran dipastikan sudah tiba kembali di Kota Jambi pada hari Minggu,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi, Saleh Ridho melalui Kepala Terminal Bus Alam Barajo, Kota Jambi di Jambi, Sabtu (1/7). 

 Menurut Saleh Ridho, jumlah pemudik yang tiba kembali di Kota Jambi melalui terminal bus Alam Barajo hingga Jumat (30/6) mencapai 3.000 orang atau sekitar 25 persen dari total jumlah pemudik melalui terminal tersebut sekitar 11.938 orang. 

Jumlah pemudik yang balik kembali di Kota Jambi Sabtu (1/7) diperkirakan mencapai 2.000 orang. Sedangkan pemudik yang balik ke Kota Jambi melalui terminal bus Alam Barajo, Minggu (2/7) diperkirakan mencapai 5.000 orang. 

“Pemudik yang lebih banyak balik Lebaran melalui terminal bus Alam Barajo, Kota Jambi berasal dari luar Provinsi Jambi. Pemudik yang tiba dari daerah kabupaten di terminal ini Kamis (29/6) misalnya hanya 41 orang. Sedangkan pemudik yang tiba kembali dari luar Provinsi Jambi sekitar 492 orang. 

Puncak arus balik Lebaran dari luar Provinsi Jambi kami perkirakan terjadi Sabtu – Minggu. Sedangkan puncak arus balik dari daerah kabupaten terjadi Minggu,” katanya. 

Sementara itu pantauan SP di terminal bus Alam Barajo, Kota Jambi, Jumat (30/6) hingga Sabtu (1/7/2017), belum terjadi lonjakan arus balik Lebaran tiba di terminal tersebut. Terminal tersebut masih terlihat sepi. "Paling cepat pemudik akan banyak kembali ke Kota Jambi melalui terminal Alam Barajo Kota Jambi Jumat (30/6/2017) malam. 

Sedangkan puncak arus balik dari luar Provinsi Jambi seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Pulau Jawa terjadi hari Sabtu dan Minggu," kata Kepala Terminal Bus Alam Barajo, Kota Jambi, Despredo. (JP-SP/Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos