Home » , , » Universitas Jambi Terima 2.100 Mahasiswa Melalui Jalur Mandiri

Universitas Jambi Terima 2.100 Mahasiswa Melalui Jalur Mandiri

Written By jambipos-online on Thursday, June 8, 2017 | 06:17

Jambipos Online, Jambi-Persaingan para lulusan sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat memperebutkan kursi mahasiswa baru di Universitas Jambi (Unja) melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Wilayah Barat dipastikan sangat ketat. Pasalnya, Unja hanya menyediakan kursi terbatas dalam penerimaan mahasiswa baru melalui jalur ketiga seleksi masuk PTN tersebut. 

Wakil Rektor Bidang Akademik Unja, RA Muthalib di Jambi, menjelaskan, Unja hanya menerima sekitar 2.100 orang calon mahasiswa baru melalui jalur SMMPTN Wilayah Barat. Jumlah calon mahasiswa baru Unja yang diterima melalui jalur SMMPTN tersebut sekitar 30 persen dari total 7.000 kursi mahasiswa baru Unja tahun ini. 

Sebelumnya Unja sudah menerima sekitar 1.700 orang calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan. Sedangkan jumlah mahasiswa baru Unja yang diterima melalui jalur kedua, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sekitar 3.000 orang. 

“SMMPTN ini merupakan jalur ketiga bagi calon mahasiswa baru merebut kursi di Unja. Karena itu jumlah calon mahasiswa baru yang kami terima sesuai kuota, yakni 30 persen. Perebutan kursi mahasiswa baru Unja melalui jalur SMMPTN ini diikuti para lulusan SMA dan sederajat di wilayah Sumatera,"katanya. 

Menurut RA Muthalib, pendaftaran SMMPTN Wilayah Barat dilaksanakan mulai 1-30 Juni 2017. Pendaftaran SMMPTN dilakukan secara online. Ujian tertulis SMMPTN di Unja dilaksanakan di kampus Unja Mendalo, Kabupaten Muarojambi dan kampus Unja Telanaipura, Kota Jambi. 

Dijelaskan, perguruan tinggi negeri yang masuk kelompok wilayah barat ada 16 perguruan tinggi, antara lain Unja Jambi; Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang (Sumatera Barat), Universitas Islam Raden Patah Palembang (Sumatera Selatan). 

Kemudian Universitas Bangka Belitung, Universitas Lampung, Universitas Andalas Padang dan beberapa universitas lain di Sumatera. Namun Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan tidak masuk dalam kelompok penyelenggara SMMPTN. 

“Para calon mahasiswa baru yang mengikuti SMMPTN di Unja bisa memilih 16 perguruan tinggi yang masuk kelompok perguruan tinggi wilayah barat Sumatera tersebut. Perguruan tinggi yang masuk kelompok wilayah barat bisa dilihat di internet,” katanya. 

Terkait pengumuman SBMPTN, RA Muthalib mengatakan, hasil SBMPTN yang digelar 16 Mei 2016 diumumkan Selasa (13/6/2017). Jumlah peserta SBMPTN yang mengikuti ujian di Unja mencapai 11.071 orang. (Baca: Sebanyak-11071-orang-merebut-kursi Unja)

Sekitar 10.911 orang peserta mengikuti tes menggunakan kertas (paper based test/PBT) dan 160 orang mengikuti ujian komputer (computer based test/CBT). Pengumuman hasil SBMPTN nanti bisa dilihat di internet, media cetak, dan kampus Unja Mendalo. (JP-03)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos