Home » , » Sambut Idul Fitri, Pemkot Meriahkan Dengan Karnaval Takbir Keliling

Sambut Idul Fitri, Pemkot Meriahkan Dengan Karnaval Takbir Keliling

Written By jambipos-online on Tuesday, June 13, 2017 | 08:10

Kabag Humas Setda Kota Jambi Abu Bakar.IST
Jambipos Online, Jambi-Kemeriahan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah akan kembali menyemarakkan Kota Jambi. Pemerintah Kota Jambi kembali akan menggelar Karnaval Takbiran Keliling. Kegiatan yang dikemas dalam Gema Takbir Pemerintah Kota Jambi itu adalah merupakan agenda tahunan yang ketiga kalinya diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Jambi di masa kepemimpinan Wali Kota H Syarif Fasha. 

Karnaval takbir keliling yang akan berlangsung tepat pada malam takbiran itu, antusias diikuti oleh komponen masyarakat kota Jambi. 

Tercatat pada tahun lalu ratusan kendaraan hias dari unsur pengurus masjid, majelis taklim perwakilan dari 11 kecamatan dalam Kota Jambi, serta ormas dan instansi ikut serta meramaikan karnaval tersebut. Takbiran keliling kota ini juga bertujuan untuk menggali kembali budaya masyarakat Kota Jambi dalam menggelar pawai takbiran disetiap menyambut malam hari raya. 

Dengan difasilitasi Pemerintah Kota Jambi diharapkan penyelenggaraannya akan menjadi lebih baik. Untuk kelancaran lalu lintas juga sudah dikoordinasikan dengan instansi terkait seperti Kepolisian dan Dinas Perhubungan. Wali Kota Jambi Syarif Fasha pun berharap kegiatan Karnaval Takbir Keliling pada tahun ini akan lebih meriah dari tahun sebelumnya. 

Wali Kota juga berharap kegiatan tersebut tidak hanya bernilai syiar namun juga diharapkan mampu menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Kota Jambi. Demikian disampaikan Kabag Humas Setda Kota Jambi Abu Bakar, melalui releasenya, Selasa (13/6/2017). 

Abu Bakar menjelaskan, kegiatan tersebut akan dipusatkan dikawasan Tugu Jam Kotabaru, dan akan melintasi jalan-jalan protokol di Kota Jambi. Pemerintah Kota Jambi juga telah menyediakan hadiah puluhan juta rupiah bagi kendaraan hias yang berhasil menjadi pemenang. 

Sementara untuk penilaian kendaraan hias terbaik, menurutnya tidak hanya dinilai dari keindahan kendaraan, namun juga meliputi ketertiban, kerapian, serta juga lantunan lafazd takbir. 

 "Penilaiannya tidak hanya ketertiban dan keindahan kendaraan saja, namun juga akan dinilai lantunan lafazh takbiran yang dibacakan dari kendaraan tersebut," terang Abu Bakar. 

Ia juga mengatakan kegiatan Karnaval Takbir Keliling yang difasilitasi Pemerintah Kota Jambi itu diharapkan dapat menyatukan kendaraan yang akan menggelar takbir keliling dengan kendaraan di jalan-jalan dalam Kota Jambi. Karena selain tertib juga akan menjadi lebih meriah. Selain itu peserta terbaik juga akan mendapatkan hadiah. 

"Dengan difasilitasi Pemerintah Kota Jambi ini, diharapkan peserta pawai kendaraan malam takbiran dapat disatukan, selain akan menjadi lebih tertib dan meriah, peserta karnaval yang menang juga akan mendapatkan hadiah. 

Oleh karenanya, kami berharap agar masyarakat yang akan mengikuti takbiran keliling dapat mendaftarkannya ke kantor Camat di wilayahnya atau langsung ke Bagian Kesra Setda Kota Jambi," tambah Abu Bakar. 

Sementara disisi lain dengan karnaval tersebut, masyarakat juga akan dapat menyaksikan keindahan kendaraan hias serta merdunya lantunan lafazh takbir yang akan menggema pada malam itu di jalur-jalur yang akan dilalui. 

Karnaval Takbir Keliling yang akan dilepas setelah shalat maghrib pada malam Hari Raya Idul Fitri itu akan diawali dengan kumandang takbir oleh Wali Kota Jambi bersama unsur Forkompimda serta turut diikuti Kemenag Kota Jambi, MUI Kota Jambi, IPQAH Kota Jambi, Ormas Islam serta juga pengurus masjid dan majelis taklim se-Kota Jambi. (JP-Humas-Adv)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos