Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Zola Serukan Kebangkitan Bangsa Bangun Indonesia dengan Keberagaman

Jambipos Online, Jambi-“Leluhur kita sudah membuktikan bahwa perbedaan itu bukanlah sesuatu yang negatif tetapi hal yang positif, kemerdekaan yang kita miliki diraih dengan perbedaan-perbedaan dan itulah yang membuat kita menjadi kuat”. Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli S.TP,MA, menyerukan kebangkitan bangsa untuk membangun dengan keberagaman yang dimiliki Indonesia. 

Pernyataan ini disampaikannya usai memimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109 Tingkat Provinsi Jambi tahun 2017 bertempat di lapangan Kantor Gubernur Jambi, Senin (22/5/2017). 

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini dihadiri oleh Kapolda Jambi, Danrem 042/Garuda Putih, Pj Sekda Provinsi Jambi, TNI/Polri/PNS, serta pelajar dan mahasiswa. Zumi Zola menegaskan bahwa bangsa ini tidak boleh terpecah belah dengan berita yang berisi tentang kebencian untuk merusak persatuan dan kesatuan Bangsa. 

“Leluhur kita sudah membuktikan bahwa perbedaan itu bukanlah sesuatu yang negatif tetapi hal yang positif, kemerdekaan yang kita miliki diraih dengan perbedaan-perbedaan dan itulah yang membuat kita menjadi kuat. Saat ini kita harus lebih waspada, karena musuh kita tidak terlihat, dengan kemajuan teknologi terutama medsos yang sangat mudah diakses oleh masyarakat. Medsos seringkali dipergunakan untuk penyebaran provokasi kebencian untuk memecah belah,” ujar Zola. 

Zola mengatakan, sesuai dengan arahan presiden bahwa keadilan itu harus merata dan jangan ada satu anak bangsa yang tercecer dari gerbong kebangkitan tersebut. “Sesuai arahan dari presiden bahwa keadilan itu harus merata dan jangan ada anak bangsa yang tercecer dari pembangunan. 

Upaya inilah yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat sampai Pemerintah Daerah dan tantangan yang harus dihadapi adalah masalah anggaran. Dan selalu dalam arahan presiden meminta perlunya sinergitas kita semua, jangan jalan masing-masing untuk memaksimalkan anggaran yang ada,” ungkapnya. 

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Gubernur Jambi menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo pada awal tahun ini mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan. 

“Bukan berarti sebelumnya kita abai terhadap aspek ini, malah sejak awal, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, aspek pemerataan mendapat porsi perhatian yang sangat tinggi. Pemerataan pembangunan antarwilayah hendak diwujudkan dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,” ujar Rudiantara. 

Disebutkan, berlatar belakang pemikiran tentang pemerataan tersebut, maka tema Hari Kebangkitan Nasional ke-109 adalah “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional,” pesan yang tepat dan seyogyanya segera diwujudkan melalui strategi, kebijakan, dan implementasi dalam pelayanan kepada masyarakat dan bangsa. 

Bahwa satu abad lebih sejak organisasi Budi Utomo digagas telah memunculkan dimensi baru dalam lanskap sosial budaya seluruh umat manusia. Perubahan besar yang telah terjadi, yang dapat dirangkum dalam satu kata digitalisasi. 

“Dengan inovasi digital, mungkin dihadapkan pada kejutan dan tatacara baru dalam berhimpun dan berkreasi, sebagian menguatkan, namun tak kalah juga yang mengancam ikatan-ikatan kita dalam berbangsa. Suatu hal yang pasti, kita harus tetap berpihak untuk mendahulukan kepentingan bangsa di tengah gempuran lawan-lawan yang bisa jadi makin tidak kasat mata. Justru karena itulah maka kita tak boleh meninggalkan orientasi untuk terus mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan sosial,” jelas Rudiantara. 

Upacara Ziarah dan Tabur Bunga Sementara Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi Drs H Erwan Malik,MM menghadiri Upacara Ziarah dan Tabur Bunga dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2017 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Bhakti Jambi, Senin (22/05/2017). 

Upacara yang berlangsung dengan penuh khidmat tersebut dipimpin oleh Wakapolda Jambi, Kombes Pol. Muchlis, AS. Erwan Malik mengatakan bahwa ziarah dan tabur bunga yang dilaksanakan dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2017 ini selain untuk mengenang jasa para pahlawan juga bertujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme. 

"Kita di sini untuk mengenang bagaimana perjuangan para pahlawan kita dulu untuk merebut kemerdekaan yang sekarang ini kita rasakan," kata Erwan Malik. 

“Dengan berkembangannya zaman dan kemajuan teknologi di era sekarang ini, perlu kita bangkitkan kembali semangat perjuangan itu," sambungnya. Erwan Malik menambahkan bahwa semangat cinta tanah air ini perlu ditumbuhkan khususnya di kalangan generasi muda bangsa Indonesia. 

"Kalau tidak ditumbuhkan semangat cinta tanah air ini maka kita bisa tercerai berai. Dengan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ini, keutuhan NKRI adalah harga mati," katanya. 

Sementara itu, Wakapolda Jambi, Kombes Pol Muchlis, AS mengatakan, dengan berkembangnya arus globalisasi saat ini, masyarakat hendaknya selalu waspada terutama dalam mencermati dan menganalisa isu-isu yang berkembang di media sosial yang dapat memecah belah bangsa. 

"Ini harus kita waspadai, para pembaca dan pengguna medsos harus cermat dan cerdas dalam menganalisa, apakah berita ini benar atau tidak, sehingga jangan sampai menimbulkan perpecahan diantara kita," ujar Wakapolda. 

“Jadi, kita sudah sepakat bahwa kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah harga mati, ini harus kita pegang teguh," tambah Wakapolda. (JP-Humas)



Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109 Tingkat Provinsi Jambi tahun 2017 bertempat di lapangan Kantor Gubernur Jambi, Senin (22/5/2017). Humas


Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109 Tingkat Provinsi Jambi tahun 2017 bertempat di lapangan Kantor Gubernur Jambi, Senin (22/5/2017). Humas

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109 Tingkat Provinsi Jambi tahun 2017 bertempat di lapangan Kantor Gubernur Jambi, Senin (22/5/2017). Humas

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar