Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Wagub Harap APPSI DPD Semakin Solid Perjuangkan Pembangunan Daerah

Jambipos Online, Jambi-Wakil Gubernur (Wagub) Jambi H Fachrori Umar berharap agar Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) semakin solid memperjuangkan pembangunan daerah. 

Hal tersebut dikemukakan oleh Wagub dalam Forum Dialog Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia dengan Dewan Perwakilan Daerah RI pada Senin (8/05/2017) malam yang diselenggarakan di Grand Ballroom The Westin Hotel Jakarta Pusat. 

Dalam acara itu juga dilaksanakan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)/Nota Kesepahaman Ketua Umum APPSI dengan Ketua DPD RI. Usai acara, Wagub menyampaikan bahwa dengan ditandatanganinya MoU APPSI dengan DPD RI diharapkan tidak ada lagi sekat atau batas dalam rangka memperjuangkan kepentingan-kepentingan daerah dari Sabang sampai Marauke. 

Selain itu, Wagub juga menyatakan, dengan adanya penandatanganan kesepahaman bersama ini juga diharapkan kedepannya hubungan antara APPSI dengan DPD RI semakin harmonis, kokoh dan kuat termasuk juga hubungan APPSI dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI khususnya dalam membangun dan memperjuangkan kepentingan-kepentingan daerah. 

“Diharapkan juga dengan adanya MoU ini, maka hubungan antara APPSI dengan DPD RI dapat semakin kokoh dan kuat, termasuk juga dengan DPR RI, sehingga nantinya apa yang kita inginkan semua dapat berjalan dengan baik dan lancar khususnya dalam membangun daerah. Hal-hal yang beginilah yang diharapkan,” kata Wagub. 

Ketua DPD RI DR H Oesman Sapta dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa MoU yang ditandatangani antara APPSI dengan DPD RI merupakan suatu momen bangkitnya daerah yang sangat dinanti-nantikan. 

“DPD ini dibentuknya bukanlah secara tiba-tiba, dimana sponsornya pada waktu itu adalah para gubernur dan bupati di seluruh Indonesia. Selain itu, DPD juga dibentuk sesuai dengan kebutuhan daerah,” ungkap Ketua Umum DPD RI. 

Oesman sapta mengatakan, suatu negara itu akan dikatakan sebagai negara yang makmur apabila daerahnya juga makmur, dan tidak mungkin pula suatu daerah itu bisa makmur bilamana tidak ada pemerataan dalam pembangunannya. 

“Saya dan seluruh anggota DPD RI sangat mencintai para gubernur dan walikota/bupati se Indonesia. Kita akan bergabung kembali seperti waktu kita mendirikannya dulu. Kekuatan itu ada di daerah, kalau daerah tidak memperhatikan dewan perwakilan daerahnya maka apalah artinya perjuangan ini. Saya yakin kharisma daerah akan tumbuh, martabat daerah akan timbul dan semua orang-orang daerah akan merasa bangga terhadap daerahnya masing-masing,” ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Umum APPSI DR H Syahrul Yasin Limpo SH MSi MH dalam sambutannya mengatakan, melalui forum dialog dan MoU yang dilaksanakan antara APPSI dan DPD RI dapat membangun sebuah komitmen yang semakin dalam dan melegitimasi posisi terhadap negara serta memperjelas posisi yang ada dalam menghadapi tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia sesuai dengan posisi masing-masing terhadap negara dan bangsa dengan tidak boleh adanya sekat atau batas yang memisahkan khususnya antara gubernur dengan senatornya (wakil rakyat) . “Kita percaya negara ini sangat besar, kita percaya rakyatnya juga besar dan berbagai tantangan juga pasti besar,” katanya. 

 “Oleh karena itu, membangun negeri dan bangsa yang besar ini dengan kekayaannya yang luar biasa hanya bisa tercapai dan kokoh serta kuat kalau kekuatan yang ada di daerah mampu didorong secara optimal, menemukan grade nya yang baik, menghadirkan pemerintahan yang terus bekerja dengan terobosan-terobosan yang ada di daerah dan pemerintahan yang berpihak kepada rakyat serta dibantu dengan suara dari senatornya yang terjabarkan dalam setiap mengambil kebijakan di parlemen di bidang kenegaraan,” sambungnya. 

Ketua Umum APPSI mengungkapkan, beban gubernur adalah memajukan daerah dan beban senator adalah menjaga agar akselerasi daerah menjadi kekuatan bangsa, kalau ini dimiliki maka hadirlah suatu pemerintahan yang kuat. 

“Kalau begitu, pemerintahan penting, pemerintahan harus diperkuat dan kita mulai memperkuatnya dari provinsi-provinsi dimana senator berada. Dan suara senator akan juga makin kencang di parlemen karena kami para gubernur ada bersamanya,” jelasnya. 

Dalam acara ini juga dilakukan dialog dan tanya jawab antara APPSI dengan DPD RI yang dipandu langsung oleh Ketua umum APPSI. Turut hadir dalam acara ini Wakil Ketua beserta seluruh anggota DPD RI, Sekjen DPD RI, para Gubernur/Wakil Gubernur se Indonesia atau yang mewakili, serta para undangan lainnya. (JP-Humas)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar