Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


VIDEO: Awal Ramadan 1438 H pada Sabtu, 27 Mei 2017

Jambipos Online, Jakarta-Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadan 1438 H atau awal puasa tahun ini adalah pada Sabtu (27/5). Hasil tersebut dipastikan berdasarkan hasil sidang Isbat awal Ramadan yang digelar Jumat (26/5/2017) di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta.

"Berdasarkan hasil hisab dan rukyat maka seluruh peserta sidang isbat sepakat bahwa pada Sabtu, 27 Mei 2017, kita akan mengawali puasa. Maka dengan ini saya sampaikan selamat menunaikan ibadah puasa," kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.  

Sidang isbat ini dihadiri oleh para duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar ilmu falak dari ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Prosesi sidang dimulai pukul 17.00 WIB. Sedangkan sidang isbatnya sendiri baru dimulai selepas magrib. Sebelum sidang isbat Kemnag menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) di 84 yang tersebar di 33 Provinsi di Indonesia dan kemudian menerima paparannya. (JP)


Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadan 1438 H atau awal puasa tahun ini adalah pada Sabtu (27/5/2017).


Sumber: BeritaSatu.com

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar