Home » , , , » Media Online di Jambi Bentuk Organisasi Khusus

Media Online di Jambi Bentuk Organisasi Khusus

Written By jambipos-online on Wednesday, May 17, 2017 | 08:39

Rapat Persiapan Pembentukan Pengurus IWO Provinsi Jambi. Foto Erwin Majam.

Nurul Fahmy (paling kanan) Penerima Mandat IWO Pusat dan Penggagas IWO Provinsi Jambi saat Rapat Persiapan Pembentukan Pengurus IWO Provinsi Jambi. Foto Erwin Majam.
Jambipos Online, Jambi-Sejumlah penggiat media online di Provinsi Jambi mengadakan pertemuan dan menggagas organisasi wartawan dan media online. Namanya Ikatan Wartawan Online (IWO). Organisasi ini sudah terbentuk di Pusat (Jakarta) dan di daerah juga akan dibentuk. 

Dalam organisasi ini nantinya juga akan dilakukan pelatihan kompetensi wartawan online supaya profesional dan menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalis dan UU No 40-1999 Tentang Pers. Saat ini di Provinsi Jambi perkembangan media online begitu pesat. 

Bahkan kini setidaknya sudah ada sekitar 50 media online di Provinsi Jambi. Media online ini juga diharapkan sebagai garda terdepan penyampaian informasi terkini, santun, akurat dan terpercaya terlebih menolak hoax (berita bohong).

Organisasi ini dalam rangka memberdayakan dan menginventarisir seluruh wartawan online di Provinsi Jambi, penggiat media online di Jambi bernaung dalam organisasi yang berinduk ke pusat.

Organisasi Wartawan di Indonesia memiliki bermacam-macam wadah, Lembaga, Organisasi, Ikatan, Persatuan, Aliansi bahkan Perhimpunan, diantaranya adalah Ikatan Wartawan Online (IWO).

Menjawab tantangan itu, IWO Jambi akan segera dibentuk dalam waktu dekat. Sebagaimana dikatakan Nurul Fahmy dari Media Online InilahJambi.com dan Hery FR dari Media Online JambiDaily.com.

Sebagai penerima Mandat dari IWO Pusat, mereka mulai menyiapkan Kepengurusan IWO di Jambi. “Iya, Mandat sudah kita terima pada tanggal 4 Mei 2017 lalu dari IWO Pusat, saat ini kita tengah menyusun kepengurusan dan rencana pelantikan," kata Fahmy didampingi Hery FS beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, sasaran calon keanggotaan sesuai AD/ART IWO untuk menjadi anggota yaitu, Calon anggota adalah Wartawan media ciber Online, dengan rekomendasi pemimpin redaksi media yang bersangkutan dan memiliki legalitas prinsip seperti ID Cards," jelas Fahmy.

Fahmy mengatakan IWO merupakan organisasi profesi jurnalis yang anggotanya harus berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik dan Undang-undang Pers Nomor 40 tahun 1999. Selain itu, niatnya bersedia menerima mandat dari IWO lebih menjawab dinamika yang terjadi ditengah Wartawan Media Online di Jambi.

“Setelah melihat AD/ART IWO, saya optimis, melalui IWO akan berperan dalam peningkatan SDM anggotanya, pembekalan teknis produk jurnalis online, serta perlindungan hukum dan kesejahteraan," jelasnya.

Fahmy kemudian juga menyampaikan perkembangan setelah pihaknya diketahui menerima mandat dari IWO Pusat. "Luar biasa, respon rekan-rekan cukup tinggi, antusias dan siap bergabung. Sampai saat ini saja sudah 70 orang calon sudah menyatakan dirinya siap bergabung, dari presentase 35 Media Online. Untuk itu melalui publikasi ini kita tetap membuka pintu kepada rekan-rekan lainnya untuk bergabung, baik yang di Kota Jambi sendiri maupun Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi." ajak Fahmy.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Suksesi IWO Jambi Armand Mandaloni menyampaikan jadwal pertemuan calon pengurus IWO Jambi. “Bila tidak ada halangan, Jumat (19/5/2017) ini, kita gelar rapat pembentukan pengurus, bersama calon anggota sekaligus penetapan pengurus, selanjutnya diusulkan ke IWO Pusat untuk di SK-kan, mohon doanya, undangan menyusul," jelasnya.

Oleh karenanya pada hari Jumat, (19/5) bertempat di Tempoa Inn, yang beralamat di Jalan Tempoa II No. 20, Cempaka Putih, Jelutung, Kota Jambi, dilaksanakanlah Suksesi IWO Jambi dalam rangka pemilihan Ketua IWO Jambi dan membentuk struktur kepengurusan serta langkah-langkah yang akan dijalankan untuk kedepannya.

Masih menurut Armand, diadakannya kegiatan ini adalah merupakan tindak lanjut dari IWO Pusat yang memberikan surat mandat agar segera dibentuk kepengurusan IWO Jambi.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, dan harapannya semoga IWO ini nantinya dapat menjaga kekeluargaan dan juga bisa menjadi wadah untuk memberdayakan Wartawan Online yang menjadi acuan Informasi," kata Jurnalis Kajanglako.news ini.

Pada pertemuan pertama ini kita akan membentuk Ketua IWO dan Tim Formatur untuk membentuk susunan kepengurusan. “Namun kita ingin IWO Jambi ini dapat berjalan dan bersungguh sungguh. Dan kita ingin ada sesuatu yang dihasilkan ada pertemuan kali ini dan harus ada pertemuan lanjutan kedepannya,” katanya. (JP*)

Editor : Asenk Lee Saragih

 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos