Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Zola: Sinergitas Pemprov Kabupaten Kota Terus Ditingkatkan

Foto Kanti Zumi Zola.
Foto Kanti Zumi Zola.
Pelayanan Publik Ditingkatkan Melalui PATEN dan SPM 

Jambipos Online, Merangin-Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli S.TP MA mengemukakan bahwa sinergitas (keterpaduan) program dan kebijakan pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot) terus ditingkatkan. 

Hal itu guna mendapat hasil yang terbaik dalam pembangunan di Provinsi Jambi. Hal itu disampaikan oleh Zola dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Pemerintah Bawahan Lingkup Kabupaten Merangin yang bertema “Mari Kita Ciptakan Tata Pemerintahan yang Baik", bertempat di Halaman Kantor Bupati Merangin, Sabtu (15/04/2017) siang. 

Zola menegaskan bahwa pelayanan publik harus senantiasa ditingkatkan, salah satunya dengan penerapan Pelayanan Terpadu Kecamatan (PATEN) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Desa. Zola mengatakan, rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti hasil dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jambi yang telah dilaksanakan, agar terjalin sinergitas yang lebih baik lagi antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota. 

 “Rapat koordinasi ini memiliki arti sangat penting bagi Pemerintah Daerah yang memiliki fungsi ganda yaitu sebagai penyelenggara pemerintahan, sekaligus penyelenggara utama pembangunan di daerah,” kata Zola. 

“Setiap Pemerintah Kabupaten/Kota sebagai daerah otonom sampai dengan kecamatan, kelurahan dan desa dituntut menyediakan pelayanan publik yang optimal. Perbaikan pelayanan publik akan meningkatkan daya tarik investor dan mendorong pertumbuhan ekonomi, sehingga kesejahteraan meningkat," ujar Gubernur Zola. 

Gubernur Zola mengungkapkan, pemerintah telah melakukan beberapa inovasi dalam peningkatan pelayanan publik melalui penerapan Pelayanan Terpadu Kecamatan (PATEN) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Desa. 

“Saya mengharapkan kepada Bupati Merangin beserta para camat dan para kepala desa untuk segera menerapkan program PATEN dan SPM desa ini secara maksimal," ujar Gubernur Zola. 

“Kesehatan merupakan salah satu indikator kesejahteraan masyarakat di suatu daerah, jika masyarakatnya sehat maka perekonomian juga akan baik karena masyarakatnya bisa beraktivitas. Saya tadi melihat kondisi Rumah Sakit Daerah Kolonel Abundjani, kondisinya sudah cukup baik, semoga kondisi ini juga terjadi di puskesmas-puskesmas kecamatan dan puskesmas pembantu di desa," tutur Gubernur Zola. 

Gubernur Zola menyampaikan, anggaran desa digunakan untuk pembangunan embung, embung ini sangat penting dan memiliki 2 fungsi, pertama ketika terjadi kemarau untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan, yang kedua digunakan untuk mengairi lahan masyarakat setempat. 

“Selain untuk pembangunan embung, bisa digunakan untuk pembangunan jalan dan pembangunan Posyandu,” tambah Zola. 

Bupati Merangin, Al Haris,S.Sos,MH menerangkan, upaya Pemerintah Kabupaten Merangin dalam melakukan pembangunan yang berkesinambungan dilakukan dengan serangkaian-kegiatan kegiatan oleh dinas terkait yang telah bersinergi dengan visi misi Jambi TUNTAS tercermin dari 6 prioritas pembangunan Kabupaten Merangin. 

“6 prioritas pembangunan Kabupaten Merangin tersebut adalah 1.Peningkatan pelayanan birokrasi, 2.Peningkatan kualitas infrastruktur dan pelayanan dasar, 3.Peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui pendidikan dan kesehatan, 4.Pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis pertanian, 5.Peningkatan prestasi generasi muda, dan 6.Pengelolaan serta perlindungan kawasan hutan, sumberdaya alam dan mineral yang berkelanjutan dan berkesinambungan," jelas Al Haris. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten II Sekda Provinsi Jambi, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Jambi, Wakil Bupati Merangin, unsur Forkompida Kabupaten Merangin, Kepala OPD terkait dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Merangin, seluruh camat, lurah dan kepala desa se Kabupaten Merangin, serta para undangan lainnya. (Humas)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar