Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Hasil Perkebunan Jambi Terhambat Pemasaran


Buah Kelapa Sawit.

Jambipos Online, Jambi-Hasil komuditas perkebunan di Provinsi Jambi hingga kini masih terkendala pemasaran. Sebanyak 18 jenis komoditi hasil perkebunan rakyat seperti kelapa sawit, karet, kelapa hybrida, kopi, tebu, pinang, lada, pala, kapuk, vanili, jahe, tembakau, kakao/coklat, teh, cengkeh, kemiri, aren, dan kayu manis masih sulit dipasarkan.

Namun kini Pemerintah Provinsi Jambi berkomitmen untuk mengembangkan pemasaran hasil-hasil perkebunan untuk 18 jenis komoditi perkebunan rakyat di seluruh daerah kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi pada tahun 2017.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Ir H Syaduddin kepada wartawan, Senin (6/3/2017) mengungkapkan, total lahan perkebunan rakyat lebih kurang 1,5 juta hektar tersebar di seluruh daerah kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi.

“Saat ini, kita fokus bagaimana meningkatkan hasil produksi perkebunan rakyat yang ada, jumlahnya ada delapan belas komoditi. Sebanyak 18 jenis tersebut, katanya adalah kelapa sawit, karet, kelapa hybrida, kopi, tebu, pinang, lada, pala, kapuk, vanili, jahe, tembakau, kakao/coklat, teh, cengkeh, kemiri, aren, dan kayu manis,” katanya.

Syaduddin menambahkan, Dinas Perkebunan Provinsi Jambi berupaya keras meningkatkan produksi dan produktifitas hasil pekerbunan rakyat ditingkat petani, sekaligus pengolahan dan memasarkan hasil-hasil perkebunan kedelapan belas komoditi tersebut.

Pihaknya menekankan pentingnya pembentukan kelembagaan dan asosiasi petani rakyat di sektor perkebunan, sehingga diharapkan mudah mengorganisirnya untuk peningkatan kesejahteraan petani.

“Kita berupaya melaksanakan terobosan melalui intensifikasi dan ekstensifikasi, penyediaan benih berkualitas dan bersertifikat. Pemberdayaan petani setempat melalui suatu kebersamaan ekonomi, serta memperkuat kelembagaan ditingkat petani, seperti kelompok tani dan mendorong pembentukkan asosiasi-asosiasi petani di setiap komoditas yang ada,” tutup Syaduddin. (JP-03)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar