Home » , , , » Gubernur Jambi: BPS Bantu Pemprov Jambi Wujudkan Jambi Tuntas

Gubernur Jambi: BPS Bantu Pemprov Jambi Wujudkan Jambi Tuntas

Written By jambipos-online on Thursday, March 30, 2017 | 18:06






BPS Akan Luncurkan Sistem Statistik Jambi Terkini Lewat Android

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA mengatakan, Badan Pusat Statistik (BPS) sangat membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dalam proses roda pembangunan, termasuk program prioritas pembangunan Jambi untuk mewujudkan Jambi TUNTAS (Tertib Unggul, Nyaman, Adil, dan Sejahtera). 

Hal itu dikemukakan Zumi Zola dalam Rapat Teknis Daerah Pimpinan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Abadi Grand Hotel Jambi, Kamis (30/3/2017) siang.

Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan, rapat ini memiliki arti dan makna yang sangat strategis dalam proses pembangunan. “Proses pembangunan membutuhkan data berkualitas serta informasi yang akurat dan terkini, sebagai basis pengambilan keputusan terkait penyusunan dokumen perencanaan,” tutur Zola.

“Banyak kendala yang dihadapai oleh BPS dalam penyediaan data stastitik, namun, itu merupakan tantangan yang harus dihadapi BPS untuk tersedianya data statistik. Saya mengapresiasi BPS yang telah menghadapi berbagai tantangan guna tersedianya data statistik ini,” kata Zola.

“Kita bisa mengetahui seberapa besar capaian dari hasil kegiatan yang telah dilaksanakan dengan rencana yang telah disusun sebelumnya. Keberadaan BPS sangat strategis dan bermanfaat sekali bagi pemerintah, Pemprov Jambi khususnya,” ujar Zola.

 “Melalui data yang telah disajikan BPS, Pemprov Jambi memiliki dasar yang konkrit guna mengevaluasi sejauh mana pembangunan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat serta sebagai evaluasi tentang langkah yang harus diambil kedepannya,” tambah Zola.

Lebih lanjut, Gubernur Zola mengatakan, berdasarkan data yang telah disampaikan BPS, pertumbuhan perekonomian Provinsi Jambi untuk tahun 2016 meningkat serta kesejahteraan masyarakat juga meningkat, dengan indikatornya angka kemiskinan dan angka pengangguran menurun, meskipun belum secara signifikan.

“Saya memberikan selamat dan apresiasi kepada BPS Provinsi Jambi baik itu BPS Kota maupun BPS Kabupaten, yang telah mendapatkan penghargaan sebagai BPS terbaik seluruh Indonesia dalam menyajikan data-data. Peranan BPS sangat penting sekali baik untuk pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, karena semua data yang diperoleh pasti mengacu kepada BPS,” kata  Zola.

Sebelumnya, Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiwan menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Jambi atas dukungannya kepada BPS. Dukungan ini menjadikan modal bagi BPS untuk bekerja lebih keras lagi, sehingga mendapatakan hasil yang lebih baik lagi.

Dadang mengatakan, tema rapat teknis tersebut adalah Sensus ekonomi berkualitas dan peningkatan budaya kerja. “Rapat teknis ini, fokus untuk memfinalkan hasil ekonomi tahun 2016, guna mendapatkan gambaran yang aktual tentang data ekonomi di Provinsi Jambi ini”, ujar Dadang.

Rapat teknis itu, lanjut Dadang, suatu ngevaluasi kinerja dari tahun sebelumnya. “Dengan adanya rapat ini, kita bisa mengungkapkan poin terpenting dalam menghadapi tahun berikutnya agar kendala - kendala yang akan dihadapi bisa diatasi," kata Dadang.

“Sensus ekonomi ini, sangat penting bagi Provinsi Jambi, sebagai dasar dalam konsep perencanaan pembangunan perekonomian di Provinsi Jambi,” sebut Dadang.

 Dikatakan, BPS sudah melakukan reformasi birokrasi dengan tujuan tersajinya data yang berkualitas. “BPS yang bersih dan amanah, BPS yang lebih efektif, efisien, dan layanan prima, itulah reformasi kami yang kita lakukan sekarang dan budaya - budaya kerja akan kita tingkatkan," tuturnya.

Disamping itu , tambah Dadang, BPS akan membuat proyek perubahan yang merupakan Sistem Statistik Jambi Terkini yang berbasis Android dengan tujuan melihat data sektoral OPD yang menjadi satu tempat wadah. “Jadi nanti seluruh masyarakat sudah bisa melihat data - data terbaru yang ada di BPS," Dadang.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan MoU antara BPS Provinsi Jambi dengan Pemprov Jambi tentang kerjasama Pembentukan Forum Penerangan dan Informasi, serta Penyerahaan Penghargaan oleh Kepala BPS Provinsi Jambi kepada Gubernur Jambi atas dukungan Gubernur Jambi mengenai Sensus Ekonomi Tahun 2016. (Humas)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos