Home » , , , » Gubernur Jambi Bantu Korban Kebakaran di Tungkal

Gubernur Jambi Bantu Korban Kebakaran di Tungkal

Written By jambipos-online on Sunday, March 19, 2017 | 08:27


Kebakaran di Jalan Jenderal Sudirman dan Gang Kelinci RT. 12 Kelurahan Tungkal IV Kota,  Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Sabtu (18/3/2017) pagi sekitar pukul 06.30 WIB tepatnya di Gang Kelinci Kelurahan Tungkal IV Kota.

Jambipos Online, Tungkal- Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA mengunjungi rumah warga yang menjadi korban kebakaran di Jalan Jenderal Sudirman dan Gang Kelinci RT. 12 Kelurahan Tungkal IV Kota,  Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Sabtu (18/3/2017) sore.
Pada kesempatan tersebut Gubernur Jambi Zumi Zola memberikan bantuan secara simbolis kepada perwakilan warga korban kebakaran di Tungkal Ilir. Bantuan yang diberikan antara bwrupa: beras 400 kg, lauk pauk 20 paket, selimut 20 lembar, matras 20 lembar, tenda gulung 20 lembar, paket perlengkapan keluarga 20 paket, mie instan 16 dus,  dan uang sejumlah 115 juta rupiah.

Zumi Zola menyampaikan rasa prihatin,  dan dia smendapatkan kabar dari Bupati Tanjung Jabung Barat bahwa Sabtu pagi telah terjadi kebakaran di Kuala Tungkal. “Kita tidak ada yang tahu kapan musibah akan datang, saya merasa sedih dengan kejadian ini tapi kita tidak terus larut dalam kesedihan dan mengharapkan cepat bangkit kembali," ujar Zola.

Zumi Zola mengatakan, bantuan yang telah diberikan Pemerintah Provinsi tentu belum dapat menghilangkan kesedihan, tapi berharap dengan bantuan tersebut dapat mengurangi kesedihan dan sedikit meringankan beban para warga yang rumahnya telah habis terbakar.

Lebih lanjut, Gubernur Jambi Zumi Zola mengharapkan semua warga korban kebakaran mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut untuk lebih waspada dan lebih berhati-hati lagi, karena masih banyak rumah di Tanjung Jabung Barat  yang terbuat dari kayu sehingga mudah sekali terbakar.
“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati,  dan para jajaran Forkompinda yang telah merespon dan bergerak cepat memberikan bantuan kepada masyarakat," tutur Zola.

Sebelumnya, Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial, MS menyampaikan data korban kebakaran berjumlah 20 kepala keluarga (71 jiwa), 14 rumah yang habis terbakar, 1 rumah rusak berat, dan 2 rumah rusak ringan. 

Safrial mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang telah memberikan dukungan moral dan bantuan kepada para warga korban kebakaran.

Kronologi

Sebanyak 14 unit bangunan toko dan rumah di RT 12 Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Provinsi Jambi, Sabtu, hangus terbakar dan dua unit rusak ringan. 

Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Dalmanto mengatakan kebakaran hebat itu mulai terjadi Sabtu (18/3) pagi sekitar pukul 06.30 WIB tepatnya di Gang Kelinci Kelurahan Tungkal IV Kota.

“Sekitar Pukul 07.30 WIB api berhasil dipadamkan dengan dibantu 4 unit mobil Damkar, 2 unit mobil Pemadam Yayasan Budhi Luhur, personil TRC BNPB Tanjungjabung Barat, personil Polres Tanjungjabung Barat, personil Kodim 0419/TJB, personil Satpol-PP dan masyarakat sekitar TKP," kata Dalmanto.
Sebanyak 14 unit bangunan yang hangus terbakar itu diantaranya lima bangunan toko baju, sepatu dan acesoris, lima rumah makan, satu rumah kos dan tiga rumah warga. Dan 2 unit rumah juga dinyatakan rusak ringan.

Api diketahui berasal dari salah satu rumah makan yang ludes terbakar itu. Namun belum diketahui penyebab pasti munculnya api tersebut. Api cepat menjalar karena kontruksi bangunan semi permanen di lokasi itu berjejer dari satu bangunan ke bangunan lain, sehingga api dengan mudah menyambar bangunan yang berdekatan.

“Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, untuk jumlah kerugian belum bisa ditaksir," kata Dalmanto menambahkan. Sementara penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak Kepolisian Resort Tanjungjabung Barat. (JP-Ken)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos