Home » , , » Fasha: Pemkot Jambi Siap Bantu Membangun Fasilitas Lapas

Fasha: Pemkot Jambi Siap Bantu Membangun Fasilitas Lapas

Written By jambipos-online on Friday, March 3, 2017 | 17:05


Walikota Jambi H. Syarif Fasha (kiri duduk) bertindak cepat, turun langsung ke lokasi Lapas Klas II Jambi untuk meminimalisir potensi terjadinya kerusuhan - Facebook


Jambipos Online, Jambi- Walikota Jambi Sy Fasha menyakinkan Kementerian Hukum dan HAM bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi mau dan bersedia membantu fasilitas yang dibutuhkan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Jambi yang kini telah over kapasitas. Paska kerusuhan yang terjadi di Lapas Kelas IIA Jambi, Rabu (1/3/2017), Walikota Jambi mengatakan kalau Pemkot Jambi bersedia membantu pembangunan LP Jambi.(Baca: 4 Napi kabur Saat Kerusuhan)

Sy Fasha mengatakan, kerusuhan di LP Jambi  mengingatkan semua pihak termasuk Pemerintah Pusat, sebab kondisi lapas yang memang tidak layak. Kapasitas lapas yang hanya untuk 360 penghuni, kini harus dihuni sekitar 1.700 warga binaan.

“Saya bersama Kapolda, Danrem,  Kapolresta, dan Kajari sampai ke pagar bawah yang sudah dijebol. Kerusuhan sangat luar biasa. Saya anggap itu kerusuhan yang sangat besar," kata Fasha, Kamis (2/3).
Fasha mengatakan, jika memang dibenarkan dalam aturan,  Pemerintah Kota Jambi akan siap membantu pembangunan fasilatas Lapas Kelas II A yang sudah terbakar tersebut. “Kami siap membantu untuk menambah fasilitas lapas,” sebutnya.

“Namun hal ini akan dikoordinasikan dulu dengan Pemerintah Provinsi Jambi. Tentunya kami akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jambi. Nanti Pemprov bantu gedung yang mana dan Pemkot bantu yang mana," ujarnya.

Kepada warga Kota Jambi yang kelurganya berada di dalam Lapas,  Fasha mengatakan bahwa kondisi warga binaan di lapas Kelas IIA dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. “Saya pastikan keluarganya aman,  karena Rabu malam saya melihat lngsung disana," katanya.

Direktur Jendral (Dirjen) Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) I Wayan Kusmiantha, Kamis (2/3/2017) sore meninjau kondisi Lapas Klas IIA Jambi pasca terjadinya kerusuhan dan pembakaran.

Dirjen PAS tiba di Lapas Klas IIA Jambi sekira pukul 15.30 WIB. Ia didampingi Kakawanwil Kemenkumham Jambi, Bambang Palasara. Kepada wartawan I Wayan Kusmiantha belum bersedia memberikan penjelasan terkait kerusuhaan dan aksi pembakaran di Lapas Klas IIA Jambi. “Nanti saya. Kita lihat dulu kondisinya," ujarnya singkat.

Overload

Sementara Direktur Jendral (Dirjen) Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) I Wayan Kusmiantha usai meninjau kondisi Lapas Klas IIA Jambi , Kamis (2/3/2017) sore mengatakan jika kondisi Lapas Klas IIA Jambi saat ini sudah tidak layak. Bahkan Wayan mengatakan overload atau kelebihan penghuni yang terjadi di Lapas Klas IIA Jambi sudah mencapai lima kali lipat. 

Wayan menyebutkan, kapasitas Lapas Klas IIA Jambi hanya sekitar 360 orang, namun saat ini dihuni oleh 1.700 orang lebih. Kondisi ini, kata Wayan, bisa menimbulkan banyak masalah. “Maka dari itu perlu ada pemindahan (narapidana, red),” ujar Wayan.

Kata Wayan, namun sebelum melakukan pemindahan, terlebih dahulu pihaknya akan melakukan mapping atau pemetaan. Wayan juga belum bisa memberikan jawaban kemana napi Lapas Klas IIA Jambi nantinya akan dipindahkan. Namun ia menegaskan penghuni Lapas Klas IIA Jambi harus dikurangi.
“Mungkin (dipindahkan, red) ke Sumatera Selatan. Yang jelas akan direlokasi, karena tempatnya sudah tidak memenuhi syarat. Jumlah petugas keamanan Lapas saat ini juga sudah sangat tidak ideal. Satu regu itu ada tujuh orang. Dan ini tidak ideal lagi untuk Lapas Jambi,” sebutnya.

Sementara itu terkait dengan sejumlah tuntutan warga binaan, seperti masalah air bersih, kata Wayan, jika pihaknya akan mencarikan solusinya. “Nanti akan kita komunikasikan dengan pemerintah setempat,” katanya. (JP-03)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos