Home » , , , , , , , , » Erwan Malik: UMKM Terus Dibina untuk Menciptakan Lapangan Kerja

Erwan Malik: UMKM Terus Dibina untuk Menciptakan Lapangan Kerja

Written By jambipos-online on Tuesday, March 28, 2017 | 11:58



Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.Erwan Malik,MM.


Pemprov Gandeng OJK Latih UMKM

Jambipos Online, Jambi-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus berupaya untuk melakukan pembinaan terhadap ekonomi kreatif, termasuk dengan membina Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM). Salah satu langkah yang ditempuh oleh Pemprov Jambi adalah dengan menggandeng Otoritas Jasa keuangan (OJK) Provinsi Jambi untuk melakukan pembinaan terhadap UMKM Jambi.

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.Erwan Malik,MM membuka Pembukaan Sosialisasi Pengenalan OJK, Pengelolaan Keuangan Rumah tangga dan Perbankan Syariah, dan Pelatihan Kemasan bagi Usaha UMKM bertempat di Aula Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan (BPMPP) Provinsi Jambi, Senin (27/3/2017). Sebanyak 200 pengusaha UMKM se Kota Jambi mengikuti acara tersebut.

Erwan Malik mengemukakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi terus membina UMKM untuk menciptakan lapangan kerja, dan dengan penciptaan lapangan kerja baru bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, lanjut Sekda, Pemprov Jambi bekerjasama dengan semua pihak terkait mendorong pengembangan UMKM hingga ke tingkat desa.

Erwan Malik menyatakan, UMKM merupakan misi ke-4 Jambi TUNTAS, yakni memajukan UMKM Jambi dari daerah pedalaman atau daerah hulu ke daerah hilir atau perkotaan, Pemerintah Provinsi Jambi dalam program kerjanya terus berupaya mengembangkan UMKM dengan pendekatan cluster (kawasan) pada sektor agribisnis dan agroindustri yang didukung adanya pemberian kemudahan dalam pengelolaan usaha sebagai wadah organisasi kepentingan usaha bersama dan memperoleh efisiensi kolektif.

Erwan Malik berharap supaya OJK dapat mendukung penuh upaya Pemerintah Provinsi Jambi menciptakan kontribusi kawasan pedesaan sebagai basis pertumbuhan ekonomi yang diukur dari peningkatan peran sektor pertanian dan nonpertanian yang terkait dalam mata rantai pengolahan produk produk berbasis pedesaan. 

“Dengan upaya yang dilakukan OJK dapat mendorong terciptanya lapangan kerja berkualitas di pedesaan dengan meningkatkan produktivitas dan nilai tambah usaha pertanian yang bisa merangsang pertumbuhan aktivitas ekonomi non pertanian atau industri pedesaan dan memperkuat keterkaitan kawasan pedesaan dan perkotaan,” ujar Erwan Malik.

Erwan Malik mengemukakan bahwa Pemberdayaan UMKM perlu dilakukan secara menyeluruh sehingga mampu meningkatkan peran UMKM dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pendapatan masyarakat, penciptaan lapangan kerja, dan pengentasan kemiskinan.

"Saya berharap hasil dari sosialisasi ini benar-benar dapat memberikan kontribusi positif serta memberikan makna tersendiri bagi daerah Jambi untuk meningkatkan kinerja ekonominya. Saya juga berharap agar OJK dapat mendukung upaya kami menciptakan kontribusi kawasan perdesaan sebagai basis pertumbuhan ekonomi,” jelas Sekda.

Sebelumnya, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Jambi, Darwisman menyampaikan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama UMKM di Provinsi Jambi. (Humas)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos