Home » , , , , , , » PWI Jambi Usulkan Tiga Nama, AK Mahmud Beruntung Terima Press Card Number One 2017

PWI Jambi Usulkan Tiga Nama, AK Mahmud Beruntung Terima Press Card Number One 2017

Written By jambipos-online on Thursday, February 9, 2017 | 09:52



AK Mahmud.Dok


Jambipos Online, Jambi-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jambi mengusulkan tiga nama ke PWI Pusat untuk mendapatkan Press Card Number One (PCNO). Tiga nama yang diusulkan yakni AK Mahmud, Murman Toha dan Daniel Sijan (Pimred Jambipos).

Beruntung, AK Mahmud, wartawan senior Jambi menerima Press Card Number One (PCNO) atau Kartu Pers Nomor Satu bersama wartawan senior lainnya pada puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2017, Kamis (9/2/2019) di Ambon, Maluku.

Ketua PWI Provinsi Jambi Mursyid Sonsang mengatakan, selama dua periode  menjadi Ketua PWI Jambi, dia berupaya mengangkat Jambi ke pentas Nasional. Tujuannya, agar PWI Jambi dan  Provinsi Jambi semakin dikenal di Indonesia.

Pada 2012, Jambi berhasil menjadi tuan rumah HPN, yang merupakan HPN yang bersejarah dengan ditandatanganinya MoU antara Kapolri Jenderal Timur Pradopo dengan Ketua Dewan Pers Bagir Manan tentang koordinasi penegakan hukum dan perlindungan kemerdekan pers.

“Dengan MoU ini ratusan wartawan terlindungi, kalau terjadi delik pers diselesaikan dengan UU No 40 tentang Pers, sebelumnya sering polri memakai KUHP," ujar Mursyid, alumni Lemhannas PPSA 18 ini.

Selain HPN, PWI Jambi juga meningkatkan SDM wartawan di Jambi dengan menggelar 2 kali Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI). Alumni SJI ini banyak yang menjadi pimpinan media di Jambi. Lalu, juga menggelar 3 kali Uji Kompetensi Wartawan (UKW) serta pelatihan singkat jurnalistik masalah hukum, perminyakan dll.

“Tidak ketinggalan kami juga mengusulkan Gubernur Jambi  periode 2010-2015 Hasan Basri Agus untuk mendapatkan Pena Emas. Dan, penghargaan tertinggi di PWI itu pun berhasil diraih HBA,” katanya.
  
PWI Jambi juga mengusulkan  wartawan dapat  penghargaan dari PWI Pusat, salah satunya Pers Card Number One. Usulan itu dimulai pada HPN 2015  di Batam. Untuk wartawan yang umurnya lebih dari 50 tahun dengan syarat berjasa dalam pengembangan pers dan PWI serta sampai sekarang masih aktif di dunia jurnalistik.

"Di akhir jabatan saya sebagai ketua, dalam HPN 2017 di Ambon wartawan Jambi dapat PCNO, suatu kebangaan," ujarnya. Untuk dapat PCNO, katanya, memang harus diusulkan oleh Ketua PWI Provinsi. Yang diusulkan pada 2015 lalu yakni AK Mahmud, Murman Toha dan Daniel Sijan.

“Syukur tahun ini Jambi dapat. Semoga tahun berikutnya wartawan Jambi dapat lagi," ujar Mursyid. Sementara, Sekretaris PWI Provinsi Jambi Saman mengatakan, diterimanya PCNO ini menunjukkan bukti bahwa jurnalis Jambi diperhitungkan di Nasional. "Ini merupakan kebanggaan Jurnalis Jambi," ujarnya.(*)




Sumber: JI
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos