Home » , , » Pilkada Muarojambi, Kuda Hitam Masnah-BBS Raih Kemanangan

Pilkada Muarojambi, Kuda Hitam Masnah-BBS Raih Kemanangan

Written By jambipos-online on Thursday, February 16, 2017 | 07:17



Hasil Quick Count) Lembaga Survei Charta Politika.

Jambipos Online, Jambi-Calon Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro SE yang sebelumnya dianggap sebagai kuda hitam berhasil meraih kemenangan pada Pilkada Muarojambi, Rabu (15/2/2017). Hj Masnah Busro SE yang sebelumnya kader Golkar dan akhirnya diusung PAN dan PKB dalam Pilkada serantak berhasil menyisihkan tiga pesaing utama.


Berdasarkan perhitungan cepat (Quick Count) Lembaga Survei Charta Politika, Hj Masnah Busro SE yang berpasangan dengan Bambang Bayu Suseno SP MM meraih 39,48 persen suara. Sementara pesaing utamanya Pasangan Ivan Wirata ST MM MT-Dodi Sularso SH yang diusung Golkar hanya meraih 34,78 suara.

Kemudian pasangan Agustian Mahir SH-Suswiyanto meraih suara 21,88 persen, sedangkan calon Independen yakni Abun Yani SH-Suhariyanto SH hanya meraih suara 3,86 persen.

Sementara perhitungan sepat di desk Pilkada Muarojambi yang dilakukan Pemkab Muarojambi suara sudah 100 persen. Hasil terakhir desk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kantor Bupati Muarojambi ini pasangan calon (Paslon) Hj Masnah SE-Bambang Bayu Suseno SP MM .

Hasil rekapitulasi pasangan nomor urut 1, yakni Abun Yani SH-Suhariyanto SH meraup suara 8.576 atau 4.5 persen. Pasangan nomor urut 2 Agustian Mahir SH-Suswiyanto mendulang 43.483 suara atau 23.6%.

Selanjutnya pasangan nomor urut 3 Hj Masnah SE-Bambang Bayu Suseno SP MM memperoleh suara 76.974 atau 40.2 persen. Sementara pasangan no urut 4 Ivan wirata ST MM MT-Dodi Sularso SH meraih suara 62.624 atau 32.7persen.

Menurut data tersebut, jumlah DPT di Muarojambi adalah 266.532 mata pilih dengan suara yang masuk 195.211 atau 73.2%. Sementara suara sah 191.657 atau 98,2 persen dan suara tidak sah 3.554 atau 1.8 persen. Sementara tingkat partisipasi masyarakat mencapai 81,59 persen.


KPU Muarojambi: Pilkada Muarojambi Hanya satu Putaran


Menanggapi Putaran Kedua Hasil Pilkada Muarojambi tersebut, Komisioner KPUD Muarojambi Suparmin, Kamis (16/2/2017) kepada Jambipos Online mengatakan, Pilkada Muarojambi hanya satu putaran. Sehingga, peraih suara terbanyak bakal ditetapkan sebagai pemenang.

“Hal ini sebagaimana UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pilkada Serentak," kata Suparmin. 

Disebutkan, dalam pasal 107 ayat 1 disebutkan bahwa pasangan calon bupati dan calon wakil bupati serta pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota yang memperoleh suara terbanyak ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan calon wakil bupati serta pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota dipilih.

“Aturannya seperti itu, sehingga bila menang tipis tetap dinyatakan menang,” kata Suparmin.
Pasal 107

Pilkada DKI Jakarta

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum RI (PKPU) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Aceh, Jakarta, Papua, dan Papua Barat, cagub dan cawagub DKI harus memperoleh suara lebih dari 50 persen untuk menjadi pemenang. 

Jika tidak meraih kemenangan lebih dari 50 persen, maka akan diadakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur putaran kedua. Pilkada putaran kedua akan diikuti oleh pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua pada putaran pertama. 

Berikut petikan Pasal 36 PKPU Nomor 6 Tahun 2016 ayat (1) dan (2) yang mengatur syarat kemenangan dalam Pilgub DKI Jakarta. 

Pasal 36
(1) Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di DKI Jakarta yang memperoleh suara lebih dari 50% (lima puluh persen) ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih.


(2) Dalam hal tidak terdapat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di DKI Jakarta yang memperoleh suara lebih dari 50% (lima puluh persen), diadakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur putaran kedua yang diikuti oleh pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua pada putaran pertama. (JP-03)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos