Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Pemberdayaan Kaum Hawa Bertanam Cabei di Jambi





Jambipos Online, Jambi-Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Drs.H.Erwan Malik,MM menyatakan, partisipasi keluarga, terutama para ibu sangat diharapkan dalam mensukseskan gerakan tanam cabai. Sekda mengapresiasi upaya keras Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam mengupayakan solusi begi persoalan masyarakat terkait ketersediaan dan harga cabai.

Hal itu dikatakan Erwan Malik,MM disela-sela Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Badan Penelitian Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Jambi dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi tentang Pendampingan Teknologi Pertanian Provinsi Jambi Gerakan Tanam Cabai, bertempat di Taman BPTP Jambi, Desa Pondok Meja, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (21/2/2017) siang.

“BPTP Jambi merupakan salah satu dari 33 BPTP se Indonesia yang ditugaskan Menteri Pertanian untuk menyediakan bibit cabai unggul, dan melakukan pendampingan di lapangan. Oleh krena itu, saya berharap BPTP Jambi jangan pernah henti melakukan pendampingan teknologi dan inovasi pertanian, terkhusus dalam mendampingi program Gertam Cabai di Provinsi Jambi,” tutur Sekda.

Sekda berharap agar TP PKK dapat segera merespon dan merealisasikan gertam cabai hingga ke pelosok desa dalam Provinsi Jambi. Sekda menyarankan agar gerakan tanam cabai diikuti dengan menanam sayur-sayuran di sekitar pekarangan rumah, sehigga kebutuhan cabai dan sayuran dapat dihasilkan dari pekarangan sendiri.

Kepala BPTP Jambi, Dr.Ir.Mohammad Takdir Mulyadi,MM menyatakan, gerakan tanam cabai merupakan salah satu cara untuk mengatasi fluktuasi harga cabai dengan cara menjaga ketersediaan cabai, selain untuk membantu perekonomian keluarga. “10 sampai 20 batang cabai di pekarangan rumah, diharapkan mampu membantu perekonomian keluarga,” ungkap Mohammad Takdir Mulyadi.

Mohammad Takdir Mulyadi berharap agar selain cabai, juga ditanami sayuran, baik sayuran daun maupun sayuran buah, tomat, dan bawang. Dikatakan oleh Mohammad Takdir Mulyadi, kerjasama gerakan tanam cabai BPTP dengan PKK merupakan upaya mendekatkan gerakan tanam ke seluruh pelosok tanah air, dan BPTP siap menyediakan bibit cabai dan pendampingan dalam penanaman dan pemeiharaan cabai tersebut.

Sebelumnya, kata Mohammad Takdir Mulyadi, BPTP Jambi telah memberikan 1.800 batang bibit cabai kepada guru dan orangtua/wali murid TK di Mestong, kepada SMA N 9 Muaro Jambi, dan kepada ibu-ibu Dharma Wanita Balitbangtan Jambi.

Ketua Panitia, Dr.Luthfi Izhar,SP,MP menyampaikan, gerakan tanam cabai merupakan langkah nyata untuk menjaga ketersediaan cabai serta untuk menjaga stabilitas harga cabai.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Sekda Provinsi Jambi, Kepala BPTP Jambi dan rombongan meninjau Taman Agro Inovasi Pertanian yang dikelola BPTP Jambi. Di taman tersebut ditanam cabai, sayur-sayuran, ketan hitam, suren merah, padi varietas lokal, dan tanaman obat. (ADV-Humas Prov Jambi)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar