Home » , , , » Jalan Ambles, Jalur Kota Jambi – Padang Nyaris Lumpuh

Jalan Ambles, Jalur Kota Jambi – Padang Nyaris Lumpuh

Written By jambipos-online on Friday, February 24, 2017 | 16:55


ILUSTRASI-JALAN RUSAK DI MUAROJAMBI.

Jambipos Online, Jambi- Jalur transportasi darat Kota Jambi – Padang, Provinsi Sumatera Barat hingga Jumat (24/2/2017) nyaris lumpuh menyusul amblesnya ruas jalan penghubung kedua daerah itu. Ruas yang ambles di kilometer (km) 116, Simpang Sungairengas – Sungaibengkal, Kabupaten Batanghari, yakni jalan penghubung utama Kota Jambi – Padang melalui Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera. Panjang jalan yang ambles mencapai 50 meter. Sedangkan badan jalan yang ambles mencapai dua meter atau separuh dari badan jalan.

“Ruas jalan yang ambles di kawasan perbukitan itu rawan kecelakaan karena kondisinya labil dan badan jalan yang tersisa sempit. Mobil harus lewat perlahan satu jalur karena lebar jalan yang tersisa hanya separuh. Jalan ambles tersebut sudah lama terjadi, namun hingga kini belum diperbaiki. Lebar jalan yang ambles bertambah terus karena curah hujan yang tinggi. Perbaikan jalan tersebut perlu segera dilakukan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas,” kata Syaiful (35), awak bus Kota Jambi – Padang kepada wartawan di Jambi, Kamis (23/2).

Syaiful mengharapkan pihak pemerintah daerah di Jambi menempatkan petugas di lokasi untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas sekaligus mencegah kecelakaan. Selain itu, alat berat juga perlu disiagakan di lokasi jalan rusak mengantisipasi bertambah lebarnya jalan ambles.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Batanghari, Jambi, A Somad mengatakan, pihaknya tidak bisa memperbaiki kerusakan karena lokasi tersebut berstatus jalan nasional. Pihaknya sudah berkordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah IV Sumatera.

“Pihak BBPJN Sumatera akan memperbaiki kerusakan jalan tersebut tahun ini dengan membangun turap di sisi jalan yang ambles. Untuk saat ini, Dinas PUPR Kabupaten Batanghari hanya bisa menempatkan alat berat dan petugas di lokasi jalan ambles,” katanya.

A Somad mengatakan, ruas jalan Sungairengas – Sungaibengkal yang menghubungkan Kota Jambi dengan Kabupaten Tebo, Kabupaten Bungo dan Padang memang rawan longsor karena berada di kawasan perbukitan. Setiap curah hujan tinggi, jalan tersebut sering ambles namun tidak separah sekarang. (SP/Lee)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos