Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Gerakan Tanam Cabei Bersama Sherrin Tharia





Jambipos Online, Jambi-Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola melakukan gerakan tanam cabei bersama Kader PKK Provinsi Jambi.

Gerakan itu ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Badan Penelitian Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Jambi dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi tentang Pendampingan Teknologi Pertanian Provinsi Jambi Gerakan Tanam Cabai, bertempat di Taman BPTP Jambi, Desa Pondok Meja, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (21/2/2017) siang.

Sherrin Tharia mengatakan, penandatanganan kerjasama tersebut merupakan turunan dari kerjasama di tingkat Pusat, yakni Menteri Pertanian yang telah menggandeng TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah, yang dituangkan melalui kesepakatan kerjasama pada November 2016, dalam rangka mensukseskan Gerakan Nasional Tanam Cabai, dimana alasan pemilihan PKK sebagai mitra kerjasama adalah karena jangkauan wilayah kerja TP PKK hingga ke tingkat desa, dusun, RW, RT, bahkan tingkat keluarga, yang memanfaatkan lahan pekarangan untuk menyediakan bahan pangan dan gizi keluarga berkualitas dan beragam.

“Saya sebagai Ketua TP PKK Provinsi Jambi berharap jajaran TP PKK baik tingkat Provinsi Jambi maupun kabupaten/kota agar dapat mensukseskan dan melaksanakan program ini dengan sebaik-baiknya sebagai upaya memperkuat ketahanan pangan masyarakat, khususnya pemenuhan kebutuhan cabai yang pasokannya agak terganggu akbibat anomali cuaca dan efek elnino yang menyebabkan banyaknya petani cabai mengalami gagal panen,” ujar Sherrin Tharia.

Dikatakan oleh Sherrin Tharia, untuk Gerakan Nasional Tanam Cabai di Provinsi Jambi akan dialokasikan 25.000 batang bibit cabai yang akan disistribusikan ke 11 kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

Sherrin Tharia berharap agar BPTP dapat memberikan pendampingan/pelatihan kepada kader pangan, baik teknis maupun teknologi cara budidaya tanaman cabai, supaya gerakan tanam cabai di Provinsi Jambi terlaksana secara optimal.

Sherrin mengemukakan bahwa selain bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan, gerakan tanam cabai juga dimaksudkan untuk mendorong masyarakat untuk cerdas dalam memanfaatkan lahan pekarangan agar menjadi lahan produktif bernilai ekonomi, serta menciptakan lingkungan hijau.

Selanjutnya, Sherrin Tharia berharap agar setiap kabupaten/kota memiliki desa percontohan atau desa unggulaan di setiap kecamatan, yang memenuhi syarat serta memiliki komponen wajib untuk sebagai Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), sebagai model upaya memberdayakan masyarakat dalam mengembangkan dan meningkatkan ketahanan serta kemampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan. (JP-03)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar