Home » , » Diserang Hama, Hasil Panen Padi Sawah Desa Tambag Emas Merangin Menurun

Diserang Hama, Hasil Panen Padi Sawah Desa Tambag Emas Merangin Menurun

Written By jambipos-online on Sunday, February 19, 2017 | 17:24


Padi sawah milik Kelompok Tani  Sukar Muliya Desa Tambag Emas, Kecamatan Pamenang Selatan diserang hama membuat tangkai padi patah dan timbulnya hama kareng. Foto Yahya Jampos




Padi sawah milik Kelompok Tani  Sukar Muliya Desa Tambag Emas, Kecamatan Pamenang Selatan diserang hama membuat tangkai padi patah dan timbulnya hama kareng. Foto Yahya Jampos

Jambipos Online, Merangin-Hasil panen padi sawah Kelompok Tani  Sukar Muliya Desa Tambag Emas, Kecamatan Pamenang Selatan, Kabupaten Merangin jauh menurun. Luas lahan yang digarap Kelompok  tani ini seluas lebih kurang lima hektare dikerjakan dengan dana pribadi seluas lebih kurang 5 ha. 

Yunarto mengatakan pada Jambipos, dulunya sawah ini dia tanam sawit sebanyak 70 batang. Melihat hasil nya makin berkurang lalu dia tumbang  bikin sawah ditanam padi sudah 3 kali panen menghasilkan 2 ton satu kali panen. Sawah yang dia kelola  sekarang, untuk tahun ini jauh menurun dikerenakan banyak hamanya.

Panen satu dan dua kali panen mencapai 4 ton per ha. Namun panen yang akan datang untuk ketiga kali nya pasti jauh menurun dikerenakan padi mengalami patah tangkai. Sekarang padinya terlihat banyak tangkainya patah, yang kedua hama kareng sangat banyak sekali.

Anggota kelompok tani  mengatakan yang pertama yang sangat mereka sayangkan PPL Desa Tambang Emas ini jarang berkunjung ke tempat mereka. 

“Seharusnya dia selaku PPL datang sama kami. Menanyakan apa keluhan petani. Saya rasa sudah panen yang ketiga ini cuma ada satu kali melihat kami disini. Padahal dia PPL tanya apa keluhan petani dia kalau tidak bisa memberi masukan. Tolong sampaikan saja dengan Pemkab Merangin, kalau dia itu tidak ada perhatian dengan petani,” kata petani.

“Kami ambil bibit dari Jawa. Bapak boleh lihat sendiri bagi yang tidak ada kendala padinya sangat luar biasa. Coba lihat sawah mantan lurah yang hampir panen itu padi nya bagus  juga hasil nya sangat memuaskan,” ujarnya .

Mantan kades B3 Suwarno mengatakan kerena calon kades kalah lalu turun kesawah harapan dirinya kedepan pemerintah Desa Merantih ini bisa memikirkan nasib masyarakat. Desa Merantih ini harus lebih baik dari sebelum nya.

“Sekarang saya harus berkerja keras untuk membuat kegiatan turun kesawah. Sedang bantuan dari pemkab sudah ada gilingan padi. Ada juga mesin bajak ada semua peralatan turun kesawah ada. Saya mengharapkan bagi masyarakat yang turun kesawah silahkan pakai alat alat yang dibantu pemkab ini,” kata Suwarno. (Yah)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos