Home » » Aset Bank Umum di Jambi Rp 38,1 Triliun

Aset Bank Umum di Jambi Rp 38,1 Triliun

Written By jambipos-online on Thursday, February 2, 2017 | 17:21




Jambipos Online, Jambi-Aset Bank Umum yang mempunyai kantor di Provinsi Jambi mencapai Rp38,1 triliun atau tumbuh sebesar 6,76 persen dari Rp35,7 triliun. Aset tersebut terangkum secara keseluruhan pada 36 Bank Umum terdapat di Provinsi Jambi.

Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi Darwisman kepada wartawan mengatakan, kredit yang disalurkan Bank Umum selama tahun 2016 tersebut juga mengalami pertumbuhan sebesar 6,67 persen menjadi Rp30,7 triliun dari sebelumnya hanya di angka Rp28,7 triliun.

Selain itu Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dihimpun oleh Bank Umum, kata Darwisman, juga tumbuh 11,71 persen dari yang tercacat sebelumnya Rp23,4 triliun menjadi Rp26,2 triliun pada posisi 31 Desember 2016.

“Rasio kredit macet atau non-performing loand/NPL mengalami perbaikan menjadi 2,62 persen dari sebelumnya 2,82 persen," katanya.

Berkaitan dengan penyaluran kredit oleh Bank Umum itu dijelaskannya, masih didominasi oleh sektor lain-lain atau perumahan, ruko, kendaraan dan bukan lapangan usaha sebesar Rp13,5 triliun atau 44,3 persen.

Kemudian diikuti sektor perdagangan sebesar Rp8,0 triliun, sektor pertanian sebesar Rp5,6 triliun dan sektor industri sebesar Rp1,1 triliun, kata Darwisman.

Sementara itu, terkait penyaluran kredit oleh perbankan tersebut masih terkonsentrasi di sejumlah daerah, antara lain, Kota Jambi sebesar Rp16,2 triliun dan Kabupaten Tanjungjabung Barat sebesar Rp3,6 triliun. Selanjutnya Kabupaten Bungo sebesar Rp3,4 triliun dan Kabupaten Batanghari sebesar Rp3,1 triliun.

OJK akan terus mendorong kontribusi perbankan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi dengan menggerakan penyaluran kredit ke sektor produktif.

“Perbankan harus menggali potensi penyaluran kredit ke berbagai daerah yang potensial yang juga masih terbatas akses keuangannya," kata Darwisman menambahkan. (*)

Sumber: Antara.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos