Home » , , » Pemkot Jambi Peringati Hari Ibu Ke 88 (22 Des 2016)

Pemkot Jambi Peringati Hari Ibu Ke 88 (22 Des 2016)

Written By jambipos-online on Thursday, December 22, 2016 | 13:43


Walikota Jambi Syarif Fasha menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Ibu ke 88 Tahun  di Halaman Kantor Walikota Jambi, Kamis (22/12/2016).


Jambipos Online, Jambi-Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi memperingati Hari Ibu Ke 88 22 Desember 2016. Walikota Jambi Syarif Fasha menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Ibu ke 88 Tahun  di Halaman Kantor Walikota Jambi, Kamis (22/12/2016).

Upacara itu turut dihadiri unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jambi, Kepala Kantor Urusan Agama se Kecamatan Kota Jambi, para SKPD, serta Camat se Kecamatan Kota Jambi.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari Organisasi Wanita dan ASN dilingkungan Pemerintah Kota Jambi. Pada kesempatan tersebut Walikota Jambi membacakan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, disampaikan bahwa Peringatan Hari Ibu di Indonesia lahir dari pergerakan bangsa Indonesia. 

Dalam pergerakan kebangsaan kemerdekaan, peran perempuan Indonesia menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perjuangan panjang bangsa ini untuk meraih kemerdekaannya.

Keterlibatan perempuan dibuktikan melalui Kongres Perempuan Pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta yang telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia.

Hakekat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Tema Peringatan Hari Ibu ke-88 yakni “Kesetaraan perempuan dan laki-laki untuk mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan”, Walikota Jambi secara khusus menyampaikan,  bahwa perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki.

Prinsip kesetaraan yang mendasari tentang pentingnya pembagian tugas, peran dan tanggung jawab yang seimbang antara perempuan dan laki-laki mulai dari lingkup keluarga, masyarakat bahkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pelaksanaan Upacara  Hari Ibu Ke 88 22 Desember 2016 di di Halaman Kantor Walikota Jambi, Kamis (22/12/2016) berjalan dengan tertib. (JP-03)


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos