Home » , , , » Jajaran Polda Jambi Turut Berdukacita Kepada Korban Musibah Gempa Pidie Aceh

Jajaran Polda Jambi Turut Berdukacita Kepada Korban Musibah Gempa Pidie Aceh

Written By jambipos-online on Friday, December 9, 2016 | 07:07




Korban Tewas 102 Orang

Jambipos Online, Jambi-Jajaran Polda Jambi mengucapkan Belasungkawa kepada para korban Gempa Pidie Aceh Jaya. Semoga keluarga para korban tabah dan cepat dipulihkan dari Bencana Alam Ini.  

Sementara itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut penanganan gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya dan sekitarnya sudah sangat baik.

"Dan yang paling penting tadi penanganannya saya lihat sudah cepat, sangat baik, evakuasi dapat dikatakan sudah 99 persen. Sudah selesai tadi," kata Presiden Jokowi setelah menjenguk korban bencana gempa yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zainoel Abidin, Kota Banda Aceh, Kamis malam (8/12/2016).

Ia mengatakan, korban yang dibawa ke RSUD tersebut merupakan pasien rujukan dari wilayah yang terkena gempa. Korban yang dirawat sebanyak 23 orang. "Yang dibawa ke Rumah Sakit Zainoel Abadin di Banda Aceh ada 19, tapi tadi masuk lagi 4 orang dan yang sudah ditangani operasi ada 8 orang," kata dia.

Sebagian besar korban yang dirawat mengalami patah tulang dan beberapa di antaranya membutuhkan operasi orthopaedi.

Presiden Jokowi besok akan langsung ke lokasi bencana di Kabupaten Pidie Jaya dengan menggunakan helikopter dari Banda Aceh.

"Besok kita lihat lapangan seperti apa, kemudian bantuan yang diberikan terutama untuk rekonstruksi setelah nanti kita lihat lapangan seperti apa, yang penting evakuasi penanganan korban di RS sudah ditangani dengan baik," katanya.

Sedangkan terkait anggaran, Presiden menyatakan baru akan dilihat untuk dihitung kemudian.

Korban Tewas 102 Orang

Dampak gempa Aceh. (Antara)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis jumlah korban meninggal dunia akibat gempa 6,5 skala Richter (SR) di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, bertambah lagi menjadi 102 orang.

Info grafis yang dirilis BNPB melalui akun Twitter resmi @BNPB_Indonesia pada Kamis (8/12), menyebutkan sampai pukul 11.00 WIB, jumlah korban tewas hingga saat ini mencapai 102 orang dan 1 orang dilaporkan hilang.

Sedangkan, jumlah korban luka dan data kerusakan gempa, tak berubah. Selain korban meninggal, sebanyak 136 orang mengalami luka berat dan 616 orang menderita luka ringan. BPNB juga mencatat sebanyak 3.267 jiwa mengungsi akibat bencana tersebut.

Selain korban jiwa dan luka-luka, BNPB mendata 429 rumah dan 234 rumah toko (ruko) mengalami kerusakan. Sebanyak 18 masjid, empat sekolah, dan satu RSUD, juga mengalami rusak ringan hingga roboh. (BS)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos