Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Tiga Tahun Dipimpin H Al Haris, Merangin Menggeliat


Tiga Tahun Dipimpin H Al Haris, Merangin Menggeliat


Tiga Tahun Dipimpin H Al Haris, Merangin Menggeliat

Pembangunan Cepat Bergulir Disemua Bidang

Jambipos Online, Merangin-Selama tiga tahun dipimpin Bupati Merangin H Al Haris dan Wabup H A Khafid Moein, banyak perubahan yang terjadi di berbagai sisi Bumi Tali Undang Tambang Teliti. Pembangunan selama tiga tahun terakhir ini, dirasakan sangat menggeliat.

Beberapa perubahan yang terjadi itu, salah satunya di kawasan Islamic Center yang kini telah berdiri megah Balai Adat Merangin dan alun-alun yang terbentang lebar serta Tugu Al Quran di depan Masjid Baitul Makmur.

Atas perubahan itu, Merangin suskses menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-46 tingkat Provinsi Jambi beberapa waktu lalu. Suksesnya Merangin menggelar MTQ itu, diakui seluruh peserta dari kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

 ‘’Untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Merangin, tidak cukup hanya mengandalkan dana daerah. Makanya kami sekuat kemampuan berupaya menjemput dana ke Pemerintah Pusat. Alhamdulillah telah banyak kita terima bantuan tersebut,’’ujar Bupati.

Selain kawasan Islamic Center, pembangunan juga terlihat di kawasan Rumah Sakit Daerah Kol. Abundjani Bangko. Banyak gedung-gedung baru dibangun di rumah sakit kebanggaan masyarakat Merangin tersebut, semua itu untuk melayani kesehatan masyarakat.

Kota Bangko yang dibelah aliran Sungai Batang Merangin, kini sudah disatukan Jambatan Kol Syamsudin Uban yang dibangun menarik. Jembatan yang sebelumnya hanya bisa dilalui kendaran ruda dua itu, kini kendaraan roda empat bisa seliweran.

Perubahan lainnya yang terlihat, mulusnya jalan-jalan dalam kota, mulai dari kawasan Pasar Bawah dan sekitarnya sampai ke kawasan lainnya. Begitu juga dengan draenase di Pasar Bawah Bangko yang selama ini mampet, kini sudah lancar.

Di sepanjang bantaran Sungai Batang Masumai juga dibangun turap, sehingga mempercantik pemandangan. Lebih dari itu, trotoar juga dibangun menarik sehingga membuat nyaman para pejalan kali.

Turap-turap di sepanjang jalan kota juga dipercantik dengan dipasang keramik dan perhiasan apik. Bila malam tiba, Kota Bangko terlihat gemerlapan. Lampu-lampu di pasang di sepanjang jalan Lintas Sumatera.

Sedangkan yang tengah dikerjakan saat ini jelas bupati, pembangunan Jam Gento Bangko yang tengah mengalami perubahan total. Ikon Kabupaten Merangin ini akan dibangun sangat menarik untuk kebanggaan masyarakat Bumi Tali Undang Tambang Teliti.

Pembangunan pasar rakyat yang akan berdiri megah di eks terminal Bus Bangko. Pasar itu, nantinya akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Merangin, sekaligus solusi terhadap penataan Pasar Baru Bangko.

Sementara itu, pembangunan di kawasan pedesaan telah lebih dulu dilakukan bupati. Pencetakan sawah baru hingga ratusan hektar sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan masyarakat, tersebar di 24 kecamatan dalam Kabupaten Merangin.

Untuk lebih meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan, bupati telah membangun jalan-jalan setapak menuju kawasan perkebunan dan pertanian masyarakat. Secara bergulir bupati juga meluncurkan program replanting karet dan sawit.

Bupati telah berupaya melakukan perubahan drastis atas perbaikan jalan di Kabupaten Merangin. Pada 2014 kondisi jalan kondisi baik sepanjang 201,47 Km bertambah menjadi 238, 69 Km pada 2015.  Kondisi jalan sedang dari 31,58 Km pada 2014 bertambah menjadi 77,61 Km pada 2015.

Jalan kondisi rusak ringan pada 2014 sepanjang 422,93 Km pada 2015 berkurang menjadi 388,82 Km. Jalan rusak berat pada 2014 sepanjang 692,88 Km pada 2015 berkurang menjadi 643,74 Km.

Kondisi jalan rusak berat pada 2014 sepanjang 692,88 Km pada 2015 berkurang menjadi 643,74 Km. Pembukaan jalan baru sepanjang 4.000 Km, pembangunan jembatan konvensional dan pracetak sebanyak tujuh unit dan banyak lagi yang dibangun.

Guna mencerdaskan kehidupan bangsa, bupati telah membangun ruang kelas sekolah selama tiga tahun terakhir sebanyak 199 ruang. Rehap sedang dan berat bangunan sekolah sebanyak 383 ruang, pembangunan perpustakaan sekolah sebanyak 38 ruang.

Agar proses belajar dan mengajar berlangsung nyaman, pengadaan meubeler dilakukan setiap tahun ajaran baru. Tujuan pengadaan meubeler itu, agar tidak ada lagi anak-anak sekolah yang belajar di lantai atau menggelar tikar.

H Al Haris juga telah melakukan berbagai pembangunan di bidang-bidang lainnya. Semua bidang pembangunan digenjot dan ditargetkan semua bidang pembangunan itu akan tuntas dalam lima tahun kepemimpinan H Al Haris dan H A Khafid Moein. (Advertorial/Yah)


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar