Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Resolusi APRI untuk Tambang Liar di Jambi


Puji Siswanto, Apel Akbar APRI Selasa 1 Nop 2016.IST


Jambipos Online, Jakarta-Kongres ke II Asosiasi Pertambangan Rakyat Indonesia (APRI) Resmi dilaksanakan oleh peserta dari seluruh wilayah Indonesia tak terkecuali Jambi, yang juga mengirimkan beberapa utusannya untuk menagih pemerintahan Jokowi-JK menepati janji terkait ekonomi kerakyatan dalam konteks pertambangan, Selasa (1/11/2016).

Puji Siswanto, salah seorang utusan Jambi yang ikut dalam Kongres itu menyampaikan perkembangan, bahwa Selasa pagi acara dimulai dengan apel akbar peserta yang bertempat di gedung LPMP DKI Jakarta.

Menurut Puji, Dalam Kongres ke II APRI kali ini, ada 6 resolusi yang ditawarkan mereka kepada pemerintah, terkait maraknya pertambangan illegal yang sudah dituangkan menjadi sebuah draft, yaitu:

1. Pemerintah harus mengakui profesi penambang rakyat Indonesia. Penambang rakyat adalah matapencaharian yg sudah ada sejak jaman dahulu kala, jauh sebelum negeri ini merdeka.

2. Menghentikan segala tindakan diskriminasi dan kriminalisasi terhadap penambang rakyat, sebaliknya pemerintah harus melakukan perlindungan dan pembinaan, sebab Tambang Rakyat adalah potensi ekonomi bukan suatu kejahatan. Semua tindakan represif tidak akan bisa menghentikan penambang rakyat untuk mencari nafkah.

3. Menghentikan tindakan pemerasan dan penindasan yang dilakukan oknum pemerintah dan oknum aparat terhadap penambang rakyat yang ada di seluruh Indonesia.

4. Segera menyediakan wilayah pertambangan rakyat (WPR) di setiap Kab/kota di seluruh Indonesia, agar penambang rakyat dapat mengajukan ijin pertambangan rakyat (IPR). Jangan ada tuduhan penambang rakyat ilegal bila wilayah pertambangan rakyatnya belum disediakan oleh pemerintah.

5. Memberikan kemudahan kepada penambang rakyat untuk membayar pajak, royalty dan retribusi. Jangan kami selalu dipaksa membayar kepada para oknum pejabat dan oknum aparat yang korup.

6. Membina dan membekali para penambang rakyat yg tersebar merata di seluruh wilayah indonesia, untuk membangun Indonesia dari pinggiran dan pedesaan dalam rangka meningkatkan dan memperkuat ketahanan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

Sebab, menurut utusan Jambi di Kongres APRI kali ini, Penambang rakyat adalah salah satu pilar kekuatan ekonomi yang siap menciptakan jutaan lapangan kerja mandiri.

“Penambang rakyat akan selalu melindungi aset sumberdaya alam dan bertanggung jawab untuk usaha pengelolaan secara berkelanjutan dan peduli lingkungan hidup,” pungkasnya. (*)


Sumber: Djambi.co

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar