Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Pelaku Perambahan Hutan Liar Tanpa Ijin Diamankan Polres Tanjab Barat






Jambipos Online, Kualatungkal-Jajaran Polres Tanjung Jabung Barat dan Tim menangkap satu orang terduga perambahan hutan dari operasi tangkap tangan di kawasan hutan lindung, Jumat (28/10/2016).

“Petugas mengamankan BB berupa 1 buah singso, 1 Bilah parang panjang, 2 batang kayu yang sudah berbentuk broti (papan ± 1 kubik dan yg menjadi Broti ± kubik) dan 10 tual kayu bulat hasil perambahan," Terang Kapolres Tanjabbar AKBP Agus Sumartono, SIK, SH, MH, di Mapolres Tanjabbar, Rabu petang (02/11/16).

Kapolres menuturkan bahwa pelaku berinisial ABD (34) warga Desa Teluk Kulbi RT. 01 Kec. Betara Kab. Tanjab Barat tersebut diamankan pada Jumat lalu (28/10) sekira pukul 15.30 Wib, saat kedapatan sedang melakukan perambahan hutan di kawasan Hutan Konservasi PT. WKS Jln. 180  PT. WKS Dusun Sri Rahayu Desa Serdang Jaya Kec. Betara Kabupaten Tanjab Barat.

Kronologid pengungkapan itu berawal saat petugas  Polisi dan Tim patroli PT. WKS melakukan patroli di kawasan hutan tersebut, kemudian terdengar ada bunyi mesin Sinso dari arah dalam hutan tersebut. 

Selanjutnya tim melakukan pencarian kesumber bunyi mesin sinso dan kemudian tim mendapati pelaku sedang melakukan penebangan/membelah pohon. Lalu tim langsung mengamankan pelaku beserta BB dibawa ke Mapolres Tanjabbar untuk ditindak lanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku.

Saat ini pelaku berikut barang bukti diamankan di Mapolres Tanjabbar guna pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut.

“Motif nya adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penyidik masih terus mengembangkan perkara ini dengan memeriksa sejumlah saksi. Meski begitu, pelaku terancam dijerat dengan pasal 83 ayat 1 huruf a Jo Pasal 12 huruf d UU RI Nomor 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan,” katanya.

Mari kita bersama untuk selamatkan hutan kita dari perambahan tanpa ijin yang mengakibatkan hutan gundul dan kekeringan. (Rel)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar