Home » , , » Gubernur Jambi Curhat ke Kapolri Soal Sulitnya Memberantas PETI di Jambi

Gubernur Jambi Curhat ke Kapolri Soal Sulitnya Memberantas PETI di Jambi

Written By jambipos-online on Friday, November 18, 2016 | 16:24




Jambipos Online, Jakarta-Gubernur Jambi H Zumi Zola,STP,MA menemui Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian guna melporkan sejumlah Pekerjaan Rumah (PR) penegakkan hukum di Provinsi Jambi. Salah satu laporan itu adalah sulitnya memberantas praktik Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Provinsi Jambi.

Dalam pertemuan satu jam di Kediaman Kapolri itu, dibicarakan sejumlah persoalan penegakkan hukum, seperti  Kasus Penipuan CPNS, soal PETI dan tambang minyak Ilegal, narkoba, serta Pilkada di tiga  Kabupaten dalam Provinsi Jambi.

“Yang baru kita tindak itu, adalah kasus penipuan CPNS. Ini menindaklanjuti laporan masyarakat yang menjadi korban dan kita telah mendapati lima orang pelakunya. Perkiraan korban penipuan ini ada sekitar 200 orang. Ini sudah saya laporkan,” kata Zola usai pertemuan, Jumat (18/11/2016).

Persoalan lainnya juga, akan diadakan penindakan pungli di Samsat-samsat, yang ada petugas dari unsur Kepolisian, PNS. “Saya juga laporkan juga masalah Pilkada 2017 di tiga Kabupaten, mohon dukungan dari kepolisian untuk mengamankan.  Juga persoalan PETI, Ilegal Minning.  Termasuk sejumlah kejadian turunannya,  11 orang di  Merangin  meninggal, ada Polsek yang dibakar,” ujarnya.

Atas persoalan PETI, Kapolri memberi perhatian agar dicarikan jalan keluar yang terbaik, sebut Zola. Saya juga sampaikan soal Narkoba ini, bahwa Provinsi Jambi angkanya termasuk yang tinggi juga,sudah sepantasnya Jambi ini juga punya pusat rehabilitasi.

Kita juga sudah koordinasi dengan BNN dan kita akan bagi-bagi porsinya, BNN melakukan apa, Pemprov melakukan apa. Ini sedang kita kaji dan akan kita anggarkan sesuai dengan kemampuan dana yang kita miliki. “Pak Kapolri sangat-sangat mendukung sekali, sesuai arahan dari Bapak Presiden.  Apalagi soal narkoba,” sebutnya.

“Pastinya beliau (Kapolri-red), akan meneruskan ini kepada Kapolda dan jajarannya hingga ke Polsek.  Dan Pemprov  akan berkoordinasi dan bersinergi dengan langkah-langkah yang akan diambil oleh Polri bersama seluruh Bupati/Walikota,"terang Zola.

Zola berharap, dari pertemuan tersebut, akan menguatkan sinergitas Pemprov dan Polri sesuai dengan fungsi masing-masing. “Kita juga telah mengundang Pak Kapolri untuk berkunjung ke Jambi.  Dan beliau masih mencari waktu yang tepat untuk ke Jambi,” kata Zola.(JP-03)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos