Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Sikapi Persoalan Karet dan Sawit, UNJA Gagas Pertemuan Nasional


Sikapi Persoalan Karet dan Sawit, UNJA Gagas Pertemuan Nasional

Jambipos Online, Jambi-Jemput bola, mungkin itu istilah yang pantas terkait apa yang dilakukan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jambi (Unja) menyikapi anjloknya produk pertanian yang terjadi selama ini. 

Apakah itu menyangkut aspek harga, teknologi pengelolaan, serta faktor terkait lainnya dengan harapan dapat meretas ‘tembok global’ yang selama ini menjadi keluh dan kesah di masyarakat yang sebahagian besar memang menaruh hidup di sector pertanian dan ketahanan pangan. 

“Untuk mencapai tujuan tersebut, tuan rumah yaitu Fakultas Teknologi Pertanian UNJA mengundang pembicara yang relevan dan kompeten dari Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian serta Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi,” kata Dr Mursalin, STP., M.Si, dari Univeritas Jambi, selaku Ketua Panpel kegiatan saat di konfirmasi Jumat (28/10/2016). 

Menurut Dr Mursalin, sesuai konfirmasi, dari BPDPKS nantinya akan hadir Prof Dr Ir Bayu Krisnamurthi, MS, selaku Direktur BPDPKS untuk memaparkan tentang peranan BPDPKS dalam menyokong teknologi pertanian untuk mengupayakan peningkatan daya saing global terkait produk olahan kelapa sawit.

Kepala sawit dicatat sebagai salah satu produk unggulan nasional sekaligus komoditas penyumbang PDRB tertinggi Provinsi Jambi dan Nasional. Kemudian, lanjut Mursalin, dari Kementerian Pertanian rencananya akan hadir Dr Ir Sam Herodian, MS, selaku Staf Ahli Bidang Teknologi Pertanian untuk memaparkan materi kebijakan Mentan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Sedangkan dari Kementerian Perindustrian RI, masih Kata Mursalin, akan hadir Ir Enny Ratnaningtyas, MS, selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Agro yang nantinya akan membahas secara khusus tentang proses hilirisasi terhadap produk pertanian secara luas untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing daerah serta nasional. 

“Untuk Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi sendiri nanti akan hadir Dr Ir Adawiyah, M.Si, selaku Kepala Subdirektorat Harmonisasi Kebijakan dan Program Inovasi yang akan membahas kebijakan menteri dalam memajukan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan industri dan dunia usaha,” ungkapnya. 

Acara Pertemuan Tahunan Seminar dan Lokakarya Forum Komunikasi Pendidikan Tinggi Teknologi Pertanian Indonesia yang ke-X ini, sesuai jadwal, rencananya akan dilaksanakan di Hotel Novita pada Senin 31 Oktober hingga Selasa 1 November 2016 dengan mengangkat topik, Peranan Teknologi Pertanian dalam Menciptakan Inovasi Teknologi untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Pertanian pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. 

“Jumlah peserta berkisar 250 orang dari Pendidikan Tinggi Teknologi Pertanian Se-Indonesia,” ujar Mursalin. Namun sayangnya, lanjut Mursalin, hingga H-2 acara ini dilaksanakan Pemda Jambi yang diharapkan bisa memberikan gambaran tentang kebijakan pemerintah daerah dalam memajukan ketahanan pangan dan hilirisasi ini, masih belum diketahui siapa yang nantinya akan hadir menjadi key note speakernya. 

“Gubernur Jambi hingga kini masih dalam proses konfirmasi, kalau surat sudah lama kita layangkan tapi belum ada jawaban,” kata Mursalin. (Rel)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar