Home » , , , » Persit Melestarikan Kearifan Lokal

Persit Melestarikan Kearifan Lokal

Written By jambipos-online on Wednesday, October 5, 2016 | 4:45 PM

MEMBATIK: Persit KCK Cabang XXIII Kodim 0415/Batanghari Koorcabrem 042/Jambi melakukan pelatihan membatik khas Jambi. FOTO DANI


Jambipos Online, Jambi-Guna melestarikan kearifan lokal Persit KCK Cabang XXIII Kodim 0415/Batanghari Koorcabrem 042/Jambi melakukan pelatihan membatik khas Jambi. Persit Kodim Batanghari ikut berpartisipasi menyebarluaskan pakaian tradisional batik Jambi.

Karena, Batik Jambi memiliki ciri khas serta motif batik yang berbeda dari pada daerah lain. Pelatihan membatik merupakan salah satu cara untuk melestarikan batik Jambi dikalangan anggotanya. Tampak minat anggota Persit Kodim Batanghari sangat serius dalam mengikuti pelatihan tersebut.

Kini, aktivitas pelatihan membatik terlihat di ruang Persit KCK Cabang XXIII Kodim 0415/Batanghari, dipimpin Ketua Persit, Citra Widodo Noercahyo dan jajaran, di Jalan Untung Suropati, Kelurahan Jelutung, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi.

"Pelestarian batik khas Jambi sebagai bagian dari upaya melestarikan budaya Indonesia," ujar Citra.

Istri TNI ini dibekali berupa alat batik, mencanting atau melukis di atas kain dengan menggunakan canting berisi serupa tinta padat yang dipanaskan untuk kemudian ditorehkan di kain.

Batik Jambi memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang perlu terus dilestarikan sebagai aset budaya bangsa selain batik jenis lainnya yang telah dikenal luas.

"Ada berbagai motif khas yang kini sedang diukir seperti motif durian pecah, Angso duo dan perahu, " ujar Citra.

Kata Citra, proses selanjutnya mewarnai dan terakhir adalah proses “Melorot” atau menghilangkan efek malam yang merupakan bagian akhir dari proses membatik. Ia menilai hasil karya anggotanya juga tak kalah dengan pembatik-pembatik yang ada di Jambi. “Padahal Kami semua baru mengenal tentang tehnik membatik," Citra mengakui.

Sambung Citra, hasil membantik tersebut akan dipasarkan ke jajarannya. Namun bagi ibu rumah tangga ingin memesan batik khas jambi dapat langsung mendatangi Kantor Persit.

Terpisah, Dandim Letkol Arm Widodo Noercahyo selaku Pembina Persit cabang XXIII sangat merasa bangga atas apa yang dilakukan anggota Persit.

"Kita berharap semoga hal positif ini dapat bermanfaat serta meningkatkan ekonomi rumah tangga," pungkas Dandim. (JP-03)


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos