Home » , , » Bangunan Jamtos Ambruk , Jakon PU Provinsi Jambi Harus Awasi Konstruksi Bangunan Bertingkat di Jambi

Bangunan Jamtos Ambruk , Jakon PU Provinsi Jambi Harus Awasi Konstruksi Bangunan Bertingkat di Jambi

Written By jambipos-online on Saturday, October 22, 2016 | 20:08



Jambipos Online, Jambi-Peristiwa ambruknya bangunan lantai tiga Mall Jambi Town Square (Jamtos) yang kini dalam tahap pembangunan menjadi peringatan keras kepada pihak UPTD Jakon PU Provinsi Jambi. Jakon PU Provinsi Jambi punya tanggub jawab moral soal sertivikasi pekerja bangunan konstruksi di Jambi.

Sitompul, seorang ahli jasa konstruksi di Jambi mengatakan, setiap ada pembangunan konstruksi di Jambi seharusnya diawasi pihak Jakon PU Provinsi Jambi. Karena seluruh pelaku atau pekerja jasa konstruksi harus memiliki sertivikasi dari pihak Jakon PU Provinsi Jambi.

Lantai tiga gedung Jamtos yang masih dalam tahap pembangunan ambruk, Sabtu (22/10/2016). Belum diketahui secara pasti penyebab ambruknya gedung itu. “Dak tahu kenapa, tiba-tiba ambruk saat menjelang hujan tadi. Memang anginnya kencang,” kata salah seorang pengunjung.

Kontan saja pengunjung Mall Jamtos panik dan berlari ketakutan untuk menyelamatkan diri. Bangunan yang ambruk itu berada di sudut lantai tiga bangunan baru Jamtos sebelah parkir. Peristiwa terjadi sekira pukul 15.45 WIB.

Ketika terdengar suara reruntuhan, pengunjung cafe di dekat gedung baru itu berlarian. Mereka terlihat panik dan menyelamatkan diri. “Menyelamatkan dirilah lagi, daripada yang lain ikut ambruk. Debunya juga pekat,” cerita pengunjung lainnya.

Polisi Cek Lokasi 

Mendapat kabar bangunan Jamtos ambruk, polisi langsung melakukan pengecekan lokasi atau tepatnya jatuhnya puing-puing bangunan Mall Jamtos. Kerugian materil pun diakui manajemen Jamtos, Dion tidak ada. Karena tidak adanya korban jiwa dan kerugian, manajemen tidak melaporkan ke pihak kepolisian.

Tampak ada dua orang anggota kepolisian yang telah berada di lokasi kejadian. Saat ditanyai awak media, salah seorang anggota kepolisian yang tidak menyebutkan telah mendapat laporan atas kejadian ini. “Kita baru dapat laporan, makanya kita langsung ke sini (Jamtos) dan mengecek lokasi,” ujar seorang petugas itu.

Masih Ramai 

Meski telah terjadi insiden ambruknya bangunan di Mall Jamtos, namun pengunjung Jamtos tetap ramai. Pengawas Parkir, Irfan yang berada di lokasi kejadian mengatakan, kejadian sekitar pukul 16.00 WIB, saat angin kencang. “Jalan tadi tutup sementara. Korban tidak ada, gara-gara angin deras tadi, batu-batu bekas coran jatuh,” ungkapnya.

Menurut Irfan, tidak ada korban jiwa saat kejadian karena saat itu tidak ada orang melintas. Pantauan di lapangan, kondisi kejadian saat ini pun telah dibersihkan oleh pihak Jamtos.

Salah satu pengunjung Mall Jamtos mengatakan tidak mengetahui kejadian tersebut. Sebab dia baru saja tiba di Jamtos. 

Pengunjung lain pun saat ditanya tak mengetahui kejadian tersebut. Bahkan, kondisi saat ini tidak terlihat bekas puing-puing yang ambruk. Kondisi sudah dibersihkan oleh pihak Jamtos. Terlihat juga pengunjung ramai dan duduk-duduk di lokasi kejadian.

Tak Ada Korban Jiwa

Kejadian rubuhnya bangunan proyek pembangunan dinding lantai 2 Mall Jambi Town Square (Jamtos) itu, menurut Dion, pihak Manajemen Jamtos akibat angin kencang. “Karena hembusan angin yang membuat puing-puing berasal dari lantai 2 jatuh,” ujarnya.

Kejadian itu kata Dion tidak memakan korban jiwa, maupun kerugian material. Sehingga kejadian ini tidak dilaporkan kepada pihak kepolisian. “Tidak ada korban dan kerusakan yang terjadi, makanya kejadian ini tidak dilaporkan ke pihak kepolisian. Sebab tidak terjadi pristiwa yang cukup berbahaya,” ungkapnya.

Saat kejadian pun, sambung Dion kondisi pengunjung tidak ada yang berada di sekitar reruntuhan puing yang jatuh karena kondisi sepi. “Mobil yang melintas juga tidak ada jadi tidak ada kerugian,” ujarnya. (JP-03)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos