Home » , » 44 Mahasiswa Bersaing di Ajang Pertamina Olimpiade Sains Nasional 2016

44 Mahasiswa Bersaing di Ajang Pertamina Olimpiade Sains Nasional 2016

Written By jambipos-online on Friday, October 21, 2016 | 10:43

http://img1.beritasatu.com/data/media/images/medium/391470484809.jpg
Wianda Pusponegoro. (Antara)

Jambipos Online, Jakarta – Sebanyak 44 mahasiswa jurusan Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi dari berbagai Universitas di Indonesia telah terpilih dan siap bersaing dalam kompetisi bergengsi tingkat nasional, Pertamina Olimpiade Sains Nasional 2016. Mereka terpilih dari 11.671 total pendaftar untuk seleksi awal CBT (Computer Based Test) di setiap wilayah Pertamina Olimpiade Sains Nasional 2016 yang diselenggarakan oleh PT Pertamina (Persero).

Pertamina Olimpiade Sains Nasional 2016 di tahun ke-9 ini, Pertamina kembali bekerjasama dengan Universitas Indonesia dan didukung oleh perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang kembali memperlombakan dua kategori, yaitu Kategori Teori dan Kategori Proyek Sains. Para peserta yang terpilih telah mengikuti seleksi awal untuk Kategori Teori yang meliputi bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

Sementara itu, Kategori Proyek Sains yang merupakan kompetisi karya cipta hasil kerja dari suatu tim dimana setiap tim berjumlah 3 mahasiswa dari satu perguruan tinggi ini berhasil mengumpulkan sebanyak 262 karya proyek sains. Kategori ini memperlombakan karya cipta berupa Aplikasi Perangkat Lunak (APL), Rancang Bangun (RB), dan Produk Unggulan (PU) dengan tema Energi Baru Terbarukan.

“Tahun ini, Pertamina Olimpiade Sains Nasional 2016 melakukan pengembangan pada kompetisi Kategori Teori, yaitu dengan mengubah sistem tes seleksi daerah (tingkat provinsi) yang sejak tahun 2008 dilakukan dengan metode PBT (Paper Based Test) menjadi CBT (Computer Based Test),” kata VP Communication PT Pertamina (Persero), Wianda Pusponegoro.

Pertamina Olimpiade Sains Nasional 2016 dilaksanakan dalam beberapa rangkaian kegiatan yang berkesinambungan, diawali dari pre event (koordinasi, publikasi dan registrasi), event (seleksi tingkat provinsi dan seleksi tingkat nasional), hingga evaluasi kegiatan (pengumuman hasil pemenang). Pertamina Olimpiade Sains Nasional terbuka bagi seluruh mahasiswa S-1/D4/D3 yang bukan merupakan pemenang OSN Pertamina pada tahun sebelumnya, atau mahasiswa yang pernah mengikuti olimpiade sains internasional.

“Dari 8 wilayah, pendaftar terbanyak untuk Kategori Teori adalah wilayah 2, yaitu dari Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung sebanyak 2.448 pendaftar. Pada tanggal 13 Oktober kemarin, kami telah mengumumkan 44 peserta dengan nilai terbaik di masing-masing bidang dari 8 region. Selanjutnya, 44 peserta ini akan menghadapi ujian berupa presentasi melalui scientific paper dan aplikasi model atau karya cipta atas studi kasus yang diajukan,” tambah Wianda.

Pertamina Olimpiade Sains merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Pendidikan PT. Pertamina sebagai implementasi dari visi Pertamina dalam mencerdaskan anak bangsa. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian perusahaan terhadap pendidikan tinggi di Indonesia. (BS)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos