Home » , , » Tanam Perdana Serentak Padi di Betara

Tanam Perdana Serentak Padi di Betara

Written By jambipos-online on Sunday, September 25, 2016 | 9:49 PM


Jambipos Online, Tungkal-Dalam rangka perluasan lahan pertanian (sawah) di Desa Terjun Jaya, Kecamatan Betara, Bupati Tanjabbar Dr Ir H Safrial MS bersama Dandim 0419 Tanjab Letkol Inf Aqsha Erlangga SH melakukan penanaman perdana secara serentak.

Turut hadir Wakil Bupati Tanjabbar Drs H Amir Sakib, Kolonel Ali Asrori, Kapolres Tanjabbar AKBP Agus Sumartono SIK SH MH, Asisten Ekbang Syafriwan, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura, serta Camat Betara Joko Waluyo dan Ibu-ibu Persit.

Penanaman serentak dalam perluasan lahan pertanian (sawah) ini dilakukan bersama kelompok Tani Agro Jaya, yang berada di RT 4, Dusun Betara VIII Desa Terjun Gajah, Kecamatan Betara, Sabtu (24/9).

Bupati Tanjab Barat Dr Ir H Safrial MS mengatakan, penanaman padi di Terjun Gajah diharapkan terus berlanjut. Sehingga, masyarakat tidak lagi mendatangkan beras dari luar.

“Artinya, kebutuhan pangan untuk Desa Terjun Gajah bisa terpenuhi dengan adanya perluasan tanaman sawah ini,” kata Safrial.

Bupati juga menghimbau kepada Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura untuk berkoordinasi dengan Dinas PU, dalam membangun jaringan irigasi. Jangan sampai, irigasi yang dibangun lebih rendah dari pada sawah.

“Bila ada keluhan petani sampaikan ke Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura,” katanya Safrial.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tanjabbar, Zainuddin, merincikan, luas persawahan di Desa Terjun Jaya mencapai 48 hektare.

Kata dia, dalam mendukung program perluasan sawah, sarana produksi telah disiapkan Kementerian Pertanian, yakni bantuan bibit unggul.

“Bibit yang ditanam jenis padi toba unggul lokal, karena lahan kita ini masih baru, dan tanaman yang dipilih tahan terhadap asam,” kata Zainuddin.

Penanaman akan terus berlanjut pada musim kemarau yang akan dating. Jika lahan kering, bisa juga dimanfaatkan untuk tanaman lain, seperti palawija (jagung dan kedelai).

“Harapan kami, ini bisa dijadikan lahan abadi untuk pangan berkelanjutan dan supaya mendukung ketahanan pangan khususnya beras di Tanjungjabung Barat,” kata  Zainuddin usai penanaman perdana.

Dalam kegiatan ini, Bupati juga menyerahkan Hand Tractor kepada petani didampingi Wakil Bupati Drs H Amir Sakib dan disaksikan oleh Dandim 0419/ Tanjab.


“Program ini merupakan kegiatan TNI yang dimotori oleh Kodim 0419/Tanjab dan didukung oleh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultra dan Polres Tanjabbar.(Itj)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos