Home » , , » Pramuka Jadi Ajang Menempah Karakter Pemuda Berprilaku Mulia

Pramuka Jadi Ajang Menempah Karakter Pemuda Berprilaku Mulia

Written By jambipos-online on Thursday, September 8, 2016 | 7:22 PM



Jambipos Online, Muarasabak-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, H.Ridham Priskap, berharap agar Gerakan Pramuka menjadi ajang menempah karakter pemuda yang berprilaku mulia. Pramuka juga sebagai ajang pembentukan watak pemuda agar pemuda bisa berkarakter baik dan handal. 
 
Harapan tersebut dikemukakan oleh Sekda dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-55 Tahun 2016 Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di Bumi Perkemahan Pramuka, Kelurahan Parit Culum 1, Kecamatan Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kamis (8/6/2016) siang.

Dalam Peringatan Hari Pramuka ke-55 Tahun 2016 Tingkat Provinsi Jambi tersebut, Sekda bertindak sebagai inspektur upacara.

Sekda mengungkapkan, akhir-akhir ini, sangat banyak hal-hal negatif dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk kenakalan remaja dan pemuda, diantaranya tingginya konsumsi minuman keras, tingginya prevalensi merokok  kaum muda, rendahnya rasa hormat di kalangan pemuda, dan tingginya penggunaan narkoba.

Untuk itu, Sekda menekankan supaya Pramuka terus melakukan hal-hal positif, yang berdampak pada karakter pemuda yang baik, tangguh, dan handal, sebagai generasi penerus bangsa, pemegang tingkat estafet kepemimpinan daerah dan nasional.

Sekda juga berharap agar Gerakan Pramuka bisa menjadi perekat bangsa, serta berharap supaya Gerakan Pramuka sebagai pendidikan informal melengkapi pendidikan formal di sekolah dalam membentuk karakter.

Sekda mengemukakan, seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, Pramuka harus bisa mengikuti perkembangan zaman, yakni era digital dan cyber.

Sekda mengimbau seluruh kader, pelatih, dan pengurus Pramuka bekerjasama secara sinergi untuk mewujudkan anak, remaja, dan pemuda yang cerdas dan berkarakter tangguh.

"Bukan hanya kader peserta Pramuka yang harus belajar, pembina dan pelatih juga harus terus belajar, " ujar Sekda.

"Gerakan Pramuka juga harus turut serta berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia," lanjut Sekda.

Pada kesempatan tersebut, Sekda memberikan penghargaan kepada para kader Pramuka yang berprestasi, diantaranya Lencana Melati bagi H. Amir Sakib, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Lencana Dharma Bakti kepada H. Adi Rozal, Bupati Kerinci, Lencana Karya Bakti kepada Imam Syafei, Kapenrem Korem 042/Garuda Putih Jambi. Selain itu juga diberikan penghargaan kepada Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Tergiat, yakni 1.Kota Jambi, 2.Kabupaen Merangin dan 3.Kabupaten Tanjung Jabung Timur serta Pramuka Berprestasi,  yaitu 1.Kabupaten Batanghari, 2.Kabupaten Bungo, dan 3.Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Satu hal yang unik dalam upacara tersebut, komandan upacara adalah anak kelas 1 SMP Negeri 7 Kampung Laut, dengan fisik yang kecil,  namun demikian dia tahan mengikuti acara dengan hikmah dari awal sampai selesai dengan durasi waktu yang lumayan lama. Usai upacara, Sekda menemui, mengalami, dan memeluk anak tersebut.

Dalam sambutan tertulis Kepala Kwartir Nasional (Kakwarnas) Gerakan Pramuka, H.Adyaksa Dault yang dibacakan oleh Ketua Kwartir Daerah (Kakwarda) Provinsi Jambi, H.Sutrisno dinyatakan, harapan Kakwarnas dan jajaran dengan peringatan Hari Pramuka ke-55, adalah Pramuka semakin solid.

Sutrisno menyatakan, tema Peringatan Hari Pramuka ke-55 adalah Keren Gembira, dan Asik, yang artinya, Keren berarti mengikuti perkembangan masa kini, Gembira berarti optimis menatap masa depan, dan asyik mengandung makna kekeluargaan, pertemanan, dan solidaritas.

Sutrisno menambahkan, dalam Peringatan Hari Pramuka ke-55 Tingkat Provinsi Jambi, dilakukan donor darah, bakti sosial berupa pemberian sembako kepada masyarakat miskin, dan penanaman 1.000 bibit batang pinang.

Sutrisno menuturkan, Gerakan Pramuka Kwarda Jambi telah mengikutsertakan kader Pramuka Jambi dalam berbagai kegiatan, diantaranya, mengikutinya pelayaran internasional di Raja Amlat Papua pada September 2015, Pelayaran antar Saka di Kendari, Sulawesi Tenggara, Perkemahan Madrasah di Ambon, Pertukaran Pemuda dengan Australia selama 2 minggu di Melbourne pada Agustus 2016, penanggulangan kabut asap, danmelakukan kursus dalam peningkatan kapasitas kader Pramuka.

Sutrisno mengatakan, dalam Jambore Nasional Pramuka Tahun 2016 yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur beberapa waktu yang lalu, peserta Jambi meraih juara 2 umum nasional kategori instagram. Selain itu, Bupati Merangin, H. Alharis, dianugerahi Lencana Melati yang disematkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Sutrisno mengingatkan seluruh kader Pramuka untuk terus menjauhi narkoba, dan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. "Jadikan Pramuka sebagai wadah untuk menuju masa depan," ujar Mantan Danrem 042/Garuda Putih,Jambi ini.
Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, H.Robi menyatakan, tema Hari Pramuka ke-55, yakni Keren, Gembira, dan Asik diharapkan dapat menambah semangat kader Pramuka untuk melakukan kegiatan Pramuka lebih baik lagi.

Robi berpesan supaya Pramuka terus berkarya, melakukan hal-hal positif, yang berdampak positif bagi masyarakat.

Penampilan marching bang dari Pramuka, penampilan tarian daerah Jambi, atraksi kolone tongkat (stick) dari SMP 3 Nipah Panjang, atraksi bela diri dari Pondok Pesantren Gontor 12, perpaduan marching band dan Reog Ponorogo, atraksi pemberian aba-aba dari menara memeriahkan Peringatan Hari Pramuka ke-55 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2016 tersebut. (Mustar Hutapea-Humas Prov Jambi)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos