Home » , , » Melestarikan Tradisi Arisan Daging Kurban di Kota Jambi

Melestarikan Tradisi Arisan Daging Kurban di Kota Jambi

Written By jambipos-online on Wednesday, September 14, 2016 | 8:55 AM


Gubernur Jambi, Zumi Zola (kanan) memberikan pencerahan mengenai makna perayaan Idul Adha pada salat Idul Adha 1437 Hijriyah di Mesjid Agung Al Falah, Kota Jambi, Senin (12/9/2016). Ist


Jambipos Online, Jambi-Umat Muslim di Kota Jambi tidak semuanya mendapatkan daging kurban sumbangan para dermawan dan pejabat pada perayaan Idul Adha. Sebagian umat Muslim di kota itu, justru memenuhi kebutuhan daging kurban secara swadaya, yakni melalui sistem arisan.

Tradisi arisan pengadaan daging kurban di tengah warga Kota Jambi tersebut masih tetap lestari hingga kini. Di Kelurahan Kasang Jaya, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi, misalnya, sebanyak 250 keluarga dari beberapa rukun tetangga (RT) mendapatkan daging kurban dari hasil arisan. 

Melalui sistem arisan tersebut, warga setempat bisa menyediakan dua ekor sapi untuk Idul Adha kali ini.
Namun, pada Idul Adha tahun ini, warga setempat ketiban rezeki karena mendapat tambahan jatah daging kurban sumbangan Gubernur Jambi, Zumi Zola.

Ketua RT 01 Kelurahan Kasang Jaya yang juga Ketua Masjid Al-Khoiriyah, Kasang Jaya, Junaidi di sela-sela pemotongan hewan kurban di halaman mesjid setempat, Senin (12/9) mengatakan, selama ini warga setempat tetap melestarikan tradisi arisan untuk pengadaan daging kurban. 

Sistem arisan itu dilestarikan agar pengadaan daging kurban di tengah warga setempat tidak mengharapkan sumbangan orang lain.

“Sebagai wujud dari solidaritas dan tolong-monolong, dari warga oleh warga untuk warga, setiap keluarga mampu di RT 01 dan RT 02 Kasang Jaya menghimpun uang setiap bulan untuk pembelian hewan kurban pada saat Idul Adha. Hasil arisan satu tahun ini dapat membeli dua ekor sapi. Tapi kami beruntung mendapat jatah tambahan seekor sapi dari Gubernur Jambi,”kata.

Menurut Junaidi, hewan kurban yang dipotong di RT 01 dan RT 02 Kelurahan Kasang Jaya sebanyak tiga ekor sapi. Satu ekor sapi sumbangan Gubernur Jambi, Zumi Zola dan dua ekor hasil arisan warga. Jumlah warga kami yang mendapatkan jatah daging kurban di RT 01 dan RT 02 sebanyak 250 orang.

Sementara Gubernur Zumi Zola ketika mengunjungi prosesi pemotongan hewan kurban dan pembagian daging kurban di RT 01 dan RT 02 Kelurahan Kasang Jaya, mengatakan, sistem arisan dalam pengadaan hewan atau daging kurban tersebut menunjukkan tingginya rasa tolong-menolong dan kebersamaan di tengah masyarakat. Sistem tersebut benar-benar menunjukkan makna Idul Adha untuk saling berbagi.

"Idul Adha momen yang sangat indah untuk berbagi. Masih banyak saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan, apakah fakir miskin, anak yatim piatu, dan orang-orang yang sangat membutuhkan bantuan. Karena itu kita harus tetap membantu dan berbagi dengan mereka yang kurang mampu," katanya. (SP)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos