Home » , , , » LKBN Antara Pacu Profesionalitas Kehumasan

LKBN Antara Pacu Profesionalitas Kehumasan

Written By jambipos-online on Saturday, September 24, 2016 | 3:13 PM







Jambipos Online, Jambi-Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Jambi bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi melakukan pelatihan kehumasan guna mengoptimalkan hasil, demi terwujudnya kinerja kehumasan yang lebih baik. Pelatihan itu diikuti jajaran kehumasan kabupaten/kota se-Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Swiss-belHotel Jambi, Rabu (21/9).

Kegiatan pelatihan kehumasan ini dibuka oleh Wakil Gubernur Jambi, H Fachrori Umar. Tampil sebagai pembicara pada pelatihan itu yakni Direktur Antara Insight, Dr. Reza Maulana, Direktur Komersial, Pengembangan Bisnis dan Teknologi Informasi Perum LKBN Antara Pusat, Hempi N Prajudi dan Kepala Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Mahmud Husen.  

H Fachrori Umar pada sambutannya mengatakan, pelatihan ini memanfaatkan dan mengoptimalkan hasil, demi terwujudnya kinerja kehumasan yang lebih baik. “Sosialisasi ini dapat memberikan ilmu dalam hal kehumasan yang bisa menganalisis pemberitaan media. Kemudian strategi kehumasan yang dapat memberikan informasi pemberitaan pelaksanaan pembangunan segala bidang secara optimal, merata, dan menyebar ke seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Disebutkan, peran LKBN Antara sebagai Public Relation (PR) dalam mengoptimalkan kinerja kehumasan yang lebih baik harus didukung dalam bentuk kerjasama.

“Kerjasama LKBN Antara Biro Jambi dengan Pemerintah Daerah Jambi ini untuk membantu seluruh jajaran humas baik pemerintahan kabupaten/kota maupun Provinsi Jambi harus berkelanjutan,” katanya.

Disebutkan, pelatihan ini memperkuat infrastuktur hukum dan pengendalian dalam pengembangan Teknologi Informasi (TI) untuk mencegah terjadi penyalahgunaan dalam pemanfaatan TI.

“Teknonogi informasi ini memiliki dua sisi yaitu positif dan negatif. Tergantung penggunaanya diarahkan kemana. Peningkatan TI dan Sumber Daya Manusia (SDA) merupakan hal mendasar untuk bersaing dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Kita harus mampu bersaing dengan pengusaha asing baik dari sisi produksi maupun sistem informasi yang mendukung pelaksanaan produksi dan manajemen perusahaan,” ujarnya.

Disebutkan, Pemerintah Pusat dan daerah dalam meningkatkan TI memfasilitasi pelaksanaan keterbukaan informasi tentang program pembangunan di daerah. “Kita berharap upaya yang dilakukan oleh pemerintah ini dapat membantu masyarakat dalam menganalisa pemberitaan media dan manajemen isu yang berkembang,” kata Fachrori Umar.

Dikatakan, kemajuan di bidang TI, kemajuan di bidang media justru memperkeruh dan membuat rasa tidak nyaman masyarakat.  “Kita semua ingin kemajuan di media memberikan manfaat positif dalam peningkatan pengetahuan langsung kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara Direktur Antara Insight Dr Reza Maulana mengatakan, pelatihan kehumasan ditujukan kepada mereka yang memang memiliki bidang kerja kehumasan atau public relation. Namun pelatihan kehumasan juga ditujukan kepada setiap elemen yang ingin mengembangkan kemampuannya dibidang kehumasan atau public relation.

Karena pada era modern seperti saat ini, pembangunan karakter dan imaje sebuah perusahaan atau institusi telah menjadi kebutuhan vital karena dengan kehumasan yang baik maka dapat memberikan citra yang baik bagi perusahaan atau institusi dimata publik.

“Pelatihan kehumasan telah menjadi sebuah kebutuhan bagi sebuah perusahaan atau institusi, karena saat ini peran kehumasan sungguh sangat sentral. Dikenal atau tidaknya sebuah perusahaan atau institusi sangat tergantung kepada berperan atau tidaknya humas. Dalam kaitan ini maka ada humas yang berperan internal dan eksternal,” ujar Reza Maulana.

Hal senada juga diutarakan Hempi N Prajudi. Menurutnya, humas internal terkait dengan bagaimana humas menguatkan identitas dan rasa memiliki terhadap lembaga, membangun kesadaran dan dedikasi internal dan eksternal tentang pentingnya lembaga bagi para pegawi.

Disebutkan, humas eksternal berfungsi untuk menggaet relasi dengan dunia di luar lembaga dan juga masyarakat luas. Humas eksternal berfungsi untuk mengekpose berbagai hal yang terkait dengan eksistensi, fungsi dan produk lembaga bagi masyarakat secara luas.

“Kehumasan masih sering diartikan secara secara sempit. Yaitu sekelompok kecil orang dari suatu perusahaan atau institusi yang ditugaskan oleh pimpinan untuk menghandle arus informasi baik ke dalam maupun keluar. Namun saat ini, humas lebih bercorak modern-dinamis,” ujarnya. (JP-03)


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos