Home » , , » Festival Beduk dan Baca Takbir Kali Pertama Dihadiri Gubernur Jambi Setelah 13 Tahun Dilaksanakan

Festival Beduk dan Baca Takbir Kali Pertama Dihadiri Gubernur Jambi Setelah 13 Tahun Dilaksanakan

Written By jambipos-online on Thursday, September 15, 2016 | 7:48 AM


Gubernur Jambi Zumi Zola saat pembukaan Festival Beduk dan Baca Takbir Remaja Mesjid Agung Al - Istiqomah Kuala Tungkal, bertempat di halaman Mesjid Agung Al-Istiqomah Kuala Tungkal, Kelurahan Tungkal III, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Rabu (14/9) malam.


Gubernur Jambi Zumi Zola saat pembukaan Festival Beduk dan Baca Takbir Remaja Mesjid Agung Al - Istiqomah Kuala Tungkal, bertempat di halaman Mesjid Agung Al-Istiqomah Kuala Tungkal, Kelurahan Tungkal III, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Rabu (14/9) malam.


Gubernur Jambi Apresiasi Pelaksanaan

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi H Zumi Zola mengapresiasi pelaksanaan Festival Beduk dan Baca Takbir yang dilaksanakan Remaja Mesjid Agung Al - Istiqomah Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Festival itu juga kali pertama dihadiri Gubernur Jambi setelah 13 tahun dilaksanakan.

“Pelaksanaan Festival Beduk dan Baca Takbir sangat positif bagi masyarakat, khususnya bagi pemuda. Oleh karenanya harus terus ditingkatkan. Festival yang dilakukan Remaja Mesjid Agung Al - Istiqomah Kuala Tungkal ini harus diabadikan sepanjang masa,” demikian diungkapkan Gubernur Jambi Zumi Zola saat pembukaan Festival Beduk dan Baca Takbir Remaja Mesjid Agung Al - Istiqomah Kuala Tungkal, bertempat di halaman Mesjid Agung Al-Istiqomah Kuala Tungkal, Kelurahan Tungkal III, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Rabu (14/9) malam.

Zola sangat mengapresiasi Festival Beduk dan Baca Takbir sebagai wujud kreativitas, khususnya pemuda, yang sangat bermanfaat dalam menyikapi dampak negatif modernisme dengan hal-hal religius. 

Dia juga berharap, Festival Beduk dan Baca Takbir tersebut bisa membentengi pemuda dari hal-hal negatif serta untuk melestarikan warisan leluhur. "Jangan sampai budaya warisan leluhur kita terkikis oleh kemajuan zaman. Melihat antusias masyarakat, saya berharap acara ini bisa terus dilaksanakan, bahkan ditingkatkan,” katanya.

Zumi Zola sangat menghargai semangat yang dimiliki remaja mesjid, serta mengharapkan agar semangat tersebut bisa dicontoh oleh remaja mesjid lainnya. Selain itu, Zola mohon doa dari masyarakat, agar dirinya dan Wakil Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar bisa melaksanakan amanah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya, Zola memberikan sumbangan Rp10 juta kepada panitia Festival Beduk dan Baca Takbir, untuk digunakan dalam kegiatan Festival Beduk dan Baca Takbir tersebut. Setelah itu, Zola melakukan pemukulan beduk sebagai pertanda dimulainya Festival Beduk dan Baca Takbir Tahun 2016.

“Saya sangat senang dengan acara ini, terutama dengan kreativitas pemuda. Ternyata sudah dilaksanakan selama 13 tahun, artinya apa, artinya sudah menjadi bagian dari tradisi, dan ini harus diteruskan," tutur Zola.

Zola mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari syiar Islam, dan syiar Islam tersebut harus terus ditingkatkan.

Sebelumnya, Ketua Panitia, M.Nasir menyatakan, baru kali ini acara Festival Beduk dan Baca Takbir dihadiri oleh Gubernur Jambi.

M.Nasir mengatakan, Festival Beduk dan Baca Takbir tahun ini merupakan yang ke-13 dalam rangka memeriahkan Idul Adha, dengan tujuan untuk mengajak pemuda untuk mencintai ajaran Islam dan hari-hari besar Islam.

M.Nasir berharap pembangunan religi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat terus berkembang, serta agar kehadiran Gubernur Jambi beserta istri, Hj.Sherrin Tharia Zola bisa menambah semangat para peserta Festival Beduk dan Baca Takbir dan juga masyarakat.

Festival Beduk Tahun 2016, lanjut M.Nasir, diikuti 30 grup, dan peserta dibatasi karena keterbatasan waktu dan keterbatasan pendanaan. Meskipun nama acaranya Festival Beduk dan Baca Takbir Remaja Mesjid, namun ada juga peserta dari kelompok anak.

Tampak masyarakat sangat antusias menyaksikan Festival Beduk dan Baca Takbir tersebut meskipun berlangsung sampai larut malam. Turut hadir pada acara itu, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, H.Amir Sakib, para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat. (JP-04)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos