Home » , , , » Denmark Gelontorkan Dana Rp140 Miliar Pelestarian Hutan Jambi

Denmark Gelontorkan Dana Rp140 Miliar Pelestarian Hutan Jambi

Written By jambipos-online on Wednesday, September 28, 2016 | 7:53 AM



KERJASAMA: Gubernur Jambi Zumi Zola bersama Duta Besar Denmark Casper Klynge, yang didampingi Jacob Stensda Hansen selaku Head of Development, Staf Kedutaan Kirstine Jespersen dan Emil Salim Senior Programme Officer Kedutaan Besar Denmark. Foto Humas Prov Jambi

Tandatangani Kerjasama

Jambipos Online, Jambi-Untuk menindaklanjuti kerjasama di bidang pelestarian hutan, yang telah berlangsung sejak tahun 2011 lalu, Kedutaan Besar Denmark, pada Senin (27/9) ini mengunjungiJambi. Kedatangan Duta Besar (Dubes) tersebut, langsung disambut oleh Gubernur Jambi, Zumi Zola, di Bandara Sultan Thaha Jambi, Senin siang.

Kedatangan ini adalah untuk menandatangai kerjasama yang sebelumnya telah berlangsung sejak tahun 2011 tersebut, dengan total dana bantuan sebesar 70 Juta Kroner atau setara dengan Rp140 Miliar. Penandatanganan juga akan dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup RI, Siti Nurbaya Bakar, pada Selasa (28/9) ini.

Bersama Duta Besar Denmark Casper Klynge, juga hadir Jacob Stensda Hansen selaku Head of Development, Staf Kedutaan Kirstine Jespersen dan Emil Salim Senior Programme Officer Kedutaan Besar Denmark.

Kedatangan rombongan Kedutaan Denmark tersebut, selain untuk menandatangani perjanjian kerjasama, juga untuk melihat dan meninjau Hutan Harapan, di kawasan PT REKI (Restorasi Ekosistem Indonesia) di Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari.

Zumi Zola mengatakan, kerjasama tersebut akan difokuskan pada pelestarian hutan di kawasan Hutan Harapan, yang sebenarnya telah berjalan sejak tahun 2011 lalu. 

“Kerjasama ini juga didukung oleh pemerintah pusat. Sore ini Menteri Lingkungan Hidup kita, Siti Nurbaya Bakar akan sampai di Jambi, untuk ikut andil memberikan bantuan dalam kerjasama antara Jambi dengan Denmark,” ujarnya.

Dijelaskan oleh Zumi Zola, bahwa pelestarian hutan tersebut tidak akan dapat dilakukan sendiri oleh Jambi, karena berbagai keterbatasan. “Untuk itu kita mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk pemerintahan Denmark,” ucap Zola.

Mendapatkan kepercayaan dari luar negeri, apalagi hingga melakukan kerjasama, menurut Zumi Zola, bukanlah hal yang mudah.“Jadi benar-benar harus menggunakan kesempatan ini untuk memajukan wilayah kita dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Selain itu, Dubes Denmark juga mengajak Pemprov Jambi untuk melihat penggunaan energi, diantaranya batubara, air terjun, angin atau pun sampah. Untuk kemudian dicari peluang untuk kembali bekerjasama dalam bidang-bidang tersebut dengan Jambi.

Sementara itu, Casper Klynge mengatakan, pihaknya sangat senang bisa hadir untuk bertemu dengan Gubernur Jambi.“Dengan tujuan kita untuk melindungi Hutan Harapan dari Imigran ilegal, kita akan mengkaji peluang kerjasama diantara Denmark dengan Pemprov Jambi, baik dari sampah ke energi, maupun peluang lain yang terkait dengan sektor energi,” ujarnya.

Casper Klynge mengatakan, akan mengkaji hubungan yang lebih luas dengan Jambi kearah investasi dan perdagangan dikemudian hari.

Sedangkan Emil Salim mengatakan, kerjasama antara Pemprov Jambi dan Denmark sudah memasuki tahap III, yang telah dimulai dari tahun 2011. Menurutnya, jumlah investasi yang telah diberikan kepada Pemerintah Provinsi Jambi hingga saat ini sudah mencapai sekitar 70 Juta Kroner atau sekitar Rp140 Miliar. Bantuan ini diberikan dalam dua tahapan, yakni sebesar 50 Juta Kroner pada tahap awal dan 20 Juta Kroner pada tahap ke dua, yang diserahkan baru-baru ini. (JP-03)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos