Home » , , , » ZOLA AKAN MANFAATKAN LAHAN TIDUR DI LEMPUR

ZOLA AKAN MANFAATKAN LAHAN TIDUR DI LEMPUR

Written By jambipos-online on Sunday, August 21, 2016 | 8:47 PM


Jambipos Online, Desa Lempur-Gubernur Jambi H.Zumi Zola,S.TP,MA mengemukakan bahwa dia akan memanfaatkan lahan tidur di Kelurahan Lempur (Kabupaten Kerinci). Hal itu dinyatakan oleh Zola dalam acara Silaturahmi dengan Pengurus Lembaga Adat Lekuk Limapuluh Tumbi Lempur, Kelurahan Lempur Tengah, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Minggu (21/8) siang.

Dalam acara tersebut, Zola diangkat secara adat Lempur menjadi anak Lempur, yakni anak angkat kehormatan dari H.Sukirman. Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan Pseko Adat Lekuk Limapuluh Tumbi Lempur kepada H.Zumi Zola dan istri, Hj.Sherrin Tharia Zola.

Zola menyatakan, Kabupaten Kerinci Jambi memiliki potensi alam yang luar biasa, diantaranya kayu manis, yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Kerinci dan Provinsi Jambi.

Zola mengemukakan, pertanian merupakan salah satu prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi, yang akan terus dikembangkan untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Untuk itu, Zola menyatakan bahwa dia akan memanfaatkan lahan-lahan tidur di Kelurahan Lempur Tengah dan di Desa Lekuk Limapuluh Tumbi Lempur.

"Saya berkomitmen untuk membangun pertanian Provinsi Jambi," tegas Zola.

Zola mengatakan, kalau ada permintaan masyarakat dalam pembangunan bidang pertanian, agar masyarakatnya menyampaikannya melalui proposal, dan Pemerintah Provinsi Jambi akan berusaha membantu, sesuai dengan kewenangan dan prosedur serta aturan yang berlaku.

"Kalau danannya sangat besar dan Pemerintah Provinsi Jambi tidak sanggup membantu, saya yang akan menghadap Menteri Pertanian membawa proposal bapak dan ibu sekalian," ujar Zola.

"Saya sudah diangkat menjadi salah satu putera Lempur, tentu saya ikut bertanggung jawab terhadap kemajuan Lempur," ungkap Zola.

Terkait diselenggarakannya silaturahmi dengan pengurus Lembaga Adat Lekuk Limapuluh Tumbi Lempur dan diangkatnya Zola menjadi anak (warga) Lempur, Zola berharap supaya acara tersebut semakin menumbuhkan jiwa kegotongroyongan dan bahu membahu dalam kehidupan bermasyarakat.

"Terimakasih telah diangkat menjadi anak Lempur. Ini menjadi suatu kehormatan bagi saya dan istri," tutur Zola.
Ketua Lembaga Adat Lekuk Limapuluh Tumbi Lempur, H.Amris Kahar menyatakan, Gubernur Jambi, H.Zumi Zola dianugerahi gelar adat dengan gelar SULTAN ANOM SRI MANGGALOH yang akan dikukuhkan pada Kenduri Pseko nantinya.

Amris Kahar menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan kesuburan tanah Lempur bagi kemaslahatan masyarakat.

Amris Kahar menuturkan, dalam sejarah masyarakat Lempur, ada dua putera terbaik Lempur, yaknj 1.Ir.H.Rifa'i Saad,M.Sc, lulusan Pertanian Universitas Indonesia pada tahun 1958, pernah menjabat Atase Indonesia di Thailand, dan 2.H.Ramli Thaha,SH,MH, lulusan Universitas Indonesia pada tahun 1960, pernah menjabat sebagai Sekjen Kementerian Sosial. Ramli Thaha merupakan penggagas Program Seribu Masjid.

Kedua putera terbaik Lempur tersebut, lanjut Amris Kahar, sangat berjasa dalam membantu pembangunan Lempur.

Amris Kahar menyatakan, semua putera puteri Lempur, mulai dari lulusan S1 sampai lulusan S3, bahkan profesor sekalipun, tetap dikukuhkan secara adat.

Dikatakan oleh Amris Kahar, Lempur dianugerahi dengan alam yang sangat subur, dan dari alam subur tersebut bisa menghasilkan kayu manis terbaik di dunia. Selain kopi, lanjut Amris Kahar, di Lempur terdapat lahan kopi terluas di Provinsi Jambi, yakni 11.000 hektar.

"Juga ada Beras Payao, yang rasanya sangat enak," tambah Amris Kahar.

"Namun akhir-akhir ini semakin banyak lahan tidur di Lempur, dan ketika akan menggarap lahan tidur tersebut, masyarakat terkendala dengan besarnya biaya untuk cetak sawah baru," tutur Amris Kahar.

Dengan demikian, Amris Kahar sangat berharap agar Zola bisa membantu pengembangan pertanian di Lempur, termasuk pemanfaatan lahan tiduur untuk cetak sawah baru.
Selanjutnya, Amris Kahar mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Jambi dan Bupati Kerinci atas penetapan Desa Lekuk Limapuluh Tumbi Lempur sebagai Desa Wisata, dimana penetapan Desa Wisata tersebut, berkaitan dengan adat, sejarah, budaya, dan alam Lempur.

"Di Lempur terdapat 5 danau dan 2 air terjun. Kelima danau tersebut, selain dimanfaatkan untuk air minum, juga untuk irigasi sawah," jelas Amris Kahar.

Ketua Panitia, Drs.Harmen Rusdi, ME menyatakan, acara ini merupakan penyambutan secara adat kepada Gubernur Jambi, H.Zumi Zola dan istri, Hj.Sherrin Tharia Zola, dan diangkatnya Zumi Zola sebagai anak Lempur, yakni anak angkat. H.Sukirman.(JP-03)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos