Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Satu Calon Haji Asal Jambi Ditahan Imigrasi Filipina

HAji

Tersangkut Paspor Palsu, Satu Calon Haji Asal Jambi Ditahan Imigrasi Filipina

Jambipos Online, Filipina-Satu jemaah calon haji asal Jambi ditahan imigrasi Filipina bersama 176 WNI lainnya. Mereka ditahan sejak Jumat 19 Agustus 2016 di Bandara Internasional Ninoy Aquino (NAIA), Manila, saat hendak terbang ke Madinah, Arab Saudi menggunakan pesawat Philippine Airlines (PAL) dengan nomor penerbangan PR 8969.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia & Bantuan Hukum Indonesia (PWNI & BHI) Kementerian Luar Negeri, Lalu M Iqbal, tidak merinci identitas warga Jambi tersebut, termasuk 176 WNI lainnya.

“Mayoritas WNI berasal dari Sulawesi Selatan (lebih dari 50 persen). Selebihnya berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Kalimantan Utara, Jawa Barat, Jambi, Riau, Sumbawa, DI Yogyakarta, Banten, serta Lampung. Sejauh ini kondisi 177 WNI baik,” kata Lalu Muhammad Iqbal dalam keterangannya, Minggu 21 Agustus 2016.

Iqbal menjelaskan proses verifikasi ke-177 WNI telah dilakukan oleh pihak Tim KBRI. 177 WNI itu terdiri dari 100 perempuan dan 77 laki-laki.

Saat ini, Kemlu juga sedang melakukan pengecekan data melalui Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM). Pengecekan itu untuk mendapatkan kepastian secara yuridis status kewarganegaraan ke-177 orang tersebut.

“KBRI telah memasok kebutuhan logistik harian para WNI, seperti, makanan, minuman, obat-obatan, pakaian dan perlengkapan sanitasi. Selain itu KBRI Manila juga telah membentuk tim piket agar on daily basis bisa memantau keadaan seluruh 177 WNI di detensi imigrasi dan stand by selama 24/7 untuk merespon setiap perkembangan yang membutuhkan penanganan secara cepat,” tuturnya.
  (Sumber Detik)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar