Home » , » Program Visi Misi Zumi Zola Terseok, Tapi Pasti

Program Visi Misi Zumi Zola Terseok, Tapi Pasti

Written By jambipos-online on Tuesday, August 2, 2016 | 8:41 PM




Jambipos Online, Jambi-Program janji politik Zumi Zola terkesan terseok. Namun kini tiga program unggulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi disetujui Pansus I dan II DPRD Provinsi Jambi, dalam rapat  penyelesaian rancangan RPJPD dan rancangan akhir RPJMD 2016-2021.

Rapat dilaksanakan di ruang Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Jambi, Senin (1/8). Selain dihadiri beberapa anggota dewan, rapat tersebut juga  dihadiri beberapa SKPD terkait Pemprov Jambi.

“Alhamdulillah Pansus dewan telah menyepakati beberapa kesepakatan yang ada di dalam RPJMD. Program itu yakni Bantuan Dana Desa, Pemberian Beasiswa, dan Pengadaan alat berat (Escavator). Saat ini kita tinggal menunggu rapat akhir. Untuk pendapat akhir pandangan Fraksi-fraksi di DPRD Provinsi Jambi," kata Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Fauzi Ansori, saat dikonfirmasi wartawan.

Sementara, terkait program beasiswa Pemprov Jambi yang telah disetujui Pansus DPRD Provinsi Jambi, beberapa aturan harus dilakukan dalam pelaksanaannya, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston mengatakan, meski program beasiswa disetujui tanpa dipangkas. Tapi, pola dan tanggung jawab dari SKPD yang mengelola itu jangan sampai terjadi lagi seperti sebelumnya.

“Dibuat tim seleksi yang kuat yang tidak ada KKN disitu. Kriteria yang mendapat beasiswa itu juga jelas, sehingga tepat sasaran dan tepat waktunya. Kenapa tepat waktu, hal ini dalam upaya mengantisipasi hal-hal yang akan menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Terkadang orang sudah selesai, baru keluar itunya. Ini yang menjadi temuan BPK," tuturnya.

Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Fauzi Ansori, mengatakan, Pemberian Beasiswa meski disetujui, tapi dengan catatan dilaksanakan harus berbasis pada data base. “Ini permintaan dewan, kami pemerintah bersepakat untuk melaksanakan itu setelah ditetapkannya RPJMD ini," ujarnya.

Untuk program beasiswa ini, akan diberikan kepada 3000 orang yang klasifikasinya juga sudah dibahas. Selain itu, mekanisme rekrut calon penerima beasiswa dilakukan akan secara akuntabel. Untuk tingkatannya itu mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, D3, S1, S2, Doktor Spesialis dan S3.

Beberapa program Pemprov Jambi yang tertuang  dalam visi dan misi Jambi Tuntas 2016—2021, tampaknya mulai terakomodir didalam RPJPD dan RPJMD yang telah disetujui Pansus DPRD Provinsi Jambi.

Hal ini tentu akan merealisasikan janji politik Gubernur Jambi Zumi Zola dan Wagub Fachrori Umar, kepada masyarakat saat kampanye. Program itu yakni Dana Desa, Bantuan Infrastruktur Desa, Pemberian Beasiswa dan Pengadaan Satu Eskavator Satu Kecamatan. “Kita sebenarnya mau memenuhi semua,  namun anggaran kita terbatas. Sehingga kita buat skema yang menjadi solusi untuk memenuhi Janji-janji Gubernur kepada rakyat.

Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Fauzi Ansori menyambut baik dengan adanya beberapa program yang telah disepakati antara Pemprov Jambi dengan Dewan. Sehingga apa yang menjadi janji politik pak Zumi Zola dan pak Fachrori sudah terakomodir di RPJMD. (JP-03)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos