Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Zola Mengaku Kewalahan Hadapi RPJMN

Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, S.TP,MA saat pembukaan MTQ Merangin.
Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, S.TP,MA mengemukakan bahwa Provinsi Jambi mendapat tantangan yang cukup berat dalam Renana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). 

Hat itu disampaikan Zumi Zola dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi dalam rangka 1.Pengambilan Keputusan terhadap RanperdaInisiatif DPRD Provinsi Jambi, 2.Penyampaian Tanggapan Pemerintah terhadap Ranperda tentang Pertanggunngjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2015, dan 3.Penyampaian Penjelasan Gubernur jambi terhadap Ranperda tentang RPJMD Provinsi Jambi Tahu 2016  2021 dan Revisi RPJPD Provinsi Jambi Tahun 2005  2025, bertempat di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Provinsi Jambi, Jumat (15/7/2016) sore.

Wakil Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum juga hadir dalam rapat paripurna tersebut.

Zola menjelaskan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2015  2019, Pemerintah Pusat menargetkan Provinsi Jambi meningkatkan pertumbuhan ekonomi 8,9%, menurunkan angka kemiskinan 4,2%, serta menurunkan angka pengangguran sebesar 2,6% pada tahun 2019.

Zola mengemukakan, bila melihat kondisi capaian ekonomi makro nasional dan Provinsi Jambi saat ini, maka diambil kebijakan dalam memasang target ekonomi makro dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Jambi Tahun 2016  2021, yakni pertumbuhan ekonomi 7,8%, inflasi 3,0%, persentase penduduk miskin 3,8%, Indeks Gini 0,27%, dan Indeks Williamson 0,35%.

Zola menyampaikan Kebijakan Umum Rancangan Akhir RPJMD yang telah mempertimbangkan perkembangan kondisi Provinsi Jambi lima tahun terakhir, permasalahan dan isu-isu strategis baik lokal, regional, nasional, dan internasional, serta janji politik dengan mempedomani RPJMN, RPJPD, dan Rancangan Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRW).

Selanjutnya, Zola menuturkan visi pembangunan Provinsi Jambi, visi Jambi TUNTAS (Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil, dan Sejahtera) 2021 yang diturunkan menjadi enam misi, yaitu:
1. Meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah yang bersih, transparan, akuntabel, dan partisipatif, yang berorientasi pada pelayanan publik
2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, terdidik, berbudaya, agamis, dan berkesetaraan gender
3. Menjaga situasi daerah yang yang kondusif, toleransi antar umat beragama, dan kesadaran hukum masyarakat
4. Meningkatkan daya saing daerah melalui optimalisasi pembangunan ekonomi kerakyatan yang didukung oleh penerapan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi (IPTEKIN) yang berwawasan lingkungan
5. Meningkatkan aksesibilitas dan kualitas infrastruktur umum, pengelolaan energi dan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan
6. Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat
Setelah itu, Zola menguraikan kebijakan dalam rangka melaksanakan keenam misi tersebut.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Ir.H.Cornelis Buston yang memimpin rapat paripurna tersebut mengatakan, 40 orang anggota DPRD Provinsi Jambi hadir dalam rapat paripurna itu, sedangkan 15 orang lagi tidak hadir.
 
Pada kesempatan tersebut, Cornelis Buston juga mengucapkan selamat bertugas kepada Danrem 042/Garuda Putih, Kol. Inf. Makmur, yang akan pindah tugas ke Samarinda dan naik pangkat menjadi Brigjen TNI.

Bahkan, Cornelis Buston juga memberikan kesempatan kepada Makmur untuk menyampaikan sambutan singkat salam perpisahan. (Mustar Hutapea)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar