Home » , » Zola Ajak Masyarakat Tingkatkan Baca, Hayati dan Pengamalan Al Qur'an

Zola Ajak Masyarakat Tingkatkan Baca, Hayati dan Pengamalan Al Qur'an

Written By jambipos-online on Thursday, July 14, 2016 | 7:35 PM



Jambipos Online, Merangin-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli menghimbau masyarakat Provinsi Jambi untuk meningkatkan pembacaan, penghayatan, dan pengamalan Al-Qur'an. Himbauan tersebut disampaikan oleh Zola dalam Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-46 Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di Halaman Masjid Agung Baitul Ma'mur, Kelurahan Sungai Misang, Kabupaten Merangin, Selasa (12/7/2016) malam.

Zola mengatakan, dalam Al-Qur'an telah diatur hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan manusia, dan manusia dengan makhluk hidup lainnya, maka hendaknya nilai-nilai Al-Qur'an terus dipelajari dan digali, untuk kemaslahatan hidup masyarakat.

Zola mengajak seluruh komponen masyarakat Provinsi Jambi, khususnya kaum muslim untuk membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Qur'an.

Zola mengungkapkan, Provinsi Jambi memiliki potensi dalam seni membaca Al-Qur'an, dengan berbagai pondok pesantren dan madrasah dan dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam, serta menghimbau seluruh lapisan masyarakat untuk memaksimalkan potensi tersebut.

Selanjutnya, Zola melakukan pemencetan sirene sebagai pertanda dibukanya MTQ ke-46 Tingkat Provinsi Jambi serta menandatangani prasasti tugu Al-Qur'an, serta pemukulan bedug oleh Gubernur Jambi dan bupati/walikota se Provinsi Jambi.

Kepada para wartawan yang mewawancarainya, gubernur memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Bupati Merangin dan segenap Pemerintah Kabupaten Merangin atas Pembukaan MTQ ke-46 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2016 yang berlangsung sukses. "Bupati Merangin dan jajaran sudah mempersiapkan ini dengan luar biasa, dan acaranya memberikan suatu semangat, terutama bagi para khafilah, dan insyaallah sukses sampai MTQ ini selesai," ujar Zola.

"Niat kita, MTQ ini adalah bentuk syiar Islam kita, untuk lebih mencintai Al-Qur'an," ungkap Zola.

Zola juga mengemukakan bahwa isi Al-Qur'an harus dapat dipahami, bukan hanya dibaca. "Sebenarnya hidup kita sudah diarahkan dengan panduan Al-Qur'an dan Al Hadits, sudah ada semua didalamnya. Melalui MTQ ini, semangat itu semakin kita kobarkan. Mudah-mudahan, dari semua kabupaten/kota se Provinsi Jambi akan ada muncul bibit-bibit baru yang berprestasi, dan juga nanti melanjutkan melakukan syiar Islam," jelas Zola.

Zola juga mengucapkan terimakasih kepada bupati/walikota se Provinsi Jambi yang sudah hadir memberikan semangat kepada rombongan khafilahnya masing-masing. "Kita doakan acara ini agar sukses," pungkas Zola.

Sebelumnya, Kepala Kantor Perwakilan Kementerian Agama Provinsi Jambi, H.Tahir, dalam sambutannya menyatakan agar dengan penyelenggaraan MTQ diharapkan mampu menjawab berbagai persoalan masyarakat, dan menumbuhkan kegemaran untuk membaca, memahami, dan melaksanakan nilai-niai Al-Qur'an sebagai panduan akhlak.

"Semangat Al-Qur'an mengandung nilai-nilai harmoni dan solidaritas," ujar Tahir.

Tahir mengatakan bahwa Provinsi Jambi memiliki potensi luar biasa dalam MTQ, diantaranya prestasi yang diraih 2 tahun berturut-turut pada tahun 2014 dan 2015, yakni juara dalam seni baca Al-Qur'an dalam kejuaraan yang dilaksanakan oleh Sultan Arab Saudi yang diraih oleh Putra Pondok Pesantren Yasin Merangin. Dan atas prestasi tersebut, banyak yang datang dari daerah lain ke Merangin untuk belajar metodologi havis Qur'an.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pengibaran bendera MTQ diiringi dengan Himney dan Mars MTQ, serta penampilan defile kontingen khafilah tiap kabupaten/kota se Provinsi Jambi yang diiringi oleh Orkestra Taman Budaya Jambi.

Tarian Asmaul Husna yang diperagakan oleh 300 orang ibu-ibu Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Merangin dibawah binaan istri bupati Merangin, Hj.Esnidar Al Haris turut memeriahkan pembukaan MTQ tersebut.

Selain itu, ada lantunan ayat-ayat Al-Qur'an oleh Syeh Hajjaj Ramadan Ismail Abdelfaoittan Al Hindawi, Syeh yang berasal dari Mesir.

Penampilan Marching Band Bahana Masurai Bangko menjadi penampilan pamungkas dalam Pembukaan MTQ ke-46 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2016 tersebut.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, H.Cornelis Buston, Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Provinsi Jambi, Hj.Elviana dan Hj. Saniatul Lativa, Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Provinsi Jambi, Sukur, Hj.Daryati Uteng, dan H.Abubakar, para bupati/walikota se Provinsi Jambi atau yang mewakili, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H.Ridham Priskap,SH,MH,MM, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori Umar, beberapa orang pejabat dari Pemerintah Provinsi Jambi, para pejabat Pemerintah Kabupaten Merangin, para tokoh masyarakat dan tokoh agama Kabupaten Merangin, serta para undangan lainnya turut hadir dalam acara tersebut. (Yah)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos