Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Mendadak, Zola Lantik Pengurus Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provisi Jambi

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara tiba di Bandara Jambi, Kamis (21/6/2016) pagi disambut dengan Tarian Sekapur Sirih (Tamu Agung) oleh Gubernur Jambi H Zumi Zola. Kehadiran Jokowi dalam Rangka Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-69 yang puncaknya akan dilaksanakan pada 21 Juli 2016 di Lapangan Kantor Gubernur Jambi.
Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi dan semua pemangku kepentingan terus berupaya untuk mengatasi permasalahan dalam pengembangan koperasi. Zola mengungkapkan, kemampuan Sumber Daya Manuisia (SDM) menjadi tantangan utama dalam pengembangan koperasi. 

Dan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berusaha melakukan pembinaan untuk pengembangan koperasi, agar koperasi berkualitas dan mandiri. Hal tersebut disampaikan oleh Zola kepada para wartawan yang mewawancarainya usai Pelantikan Pengurus Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provisi Jambi di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Rabu (20/7) siang.

Zola menyatakan, selain permasalahan kemampuan SDM, lemahya permodalan, lemahnya pemasaran, dan kurangnya pemahaman akan peran koperaisi merupakan tantangan-tantangan dalam pengembangan koerasi.

“Gambaran koperasi di Provinsi Jambi ada 3.754, yang aktif 2.264, yang tidak aktif 1.490. Seperti arahan dari Pak Menteri Koperasi dan UKM, yang paling penting, data base (basis data) koperasi, kalau kita ingin membina koperasi, kita mesti tau dulu status koperasinya. Untuk itu, kita butuh informasi dari setiap Pemkab dan Pemkot. Kalau memang keuangannya kuat dan manajemennya bagus, di bidang usaha apapun kita akap support. Tetapi seperti pesan dari Pak Menteri, bantuannya bukan uang dan barang, tetapi misalnya dengan kredit koperasi nelayan dan KUD,” ujar Zola 

“Dari pantauan kami, permasalahannya adalah SDM salah satunya, SDM ini juga menyangkut bagaimana manajemen keuangannya, kalau dapat bantuan setelah itu tidak aktif, lalu pertanggungjawabannya bagaimana, padahal ada ribuan koperasi di Jambi,” lanjut Zola.

Zola mengatakan, koperasi harus dibimbing bersama oleh pemerintah dan Dewan Koperasi. “Boleh mendirikan koperasi, tetapi harus yang sehat harus yang bertanggung jawab. Kita juga medorong koperasi agar keuangannya bagus, sirkulasi keuangannya bagus sehingga anggotanya banyak. Juga harus diperhatikan anggotanya harus benar-benar ada, jangan cuman nama,” terang Zola.

Zola mengatakan, pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi bersama-sama dengan Dewan Koperasi Wilayah Jambi akan terus berupaya melakukan pembenahan-pembenahan untuk memajukan koperasi di Jambi ini. “Kalau memang data basenya sudah jelas, kebutuhannya jelas, targetnya jelas, saya pikir teman-teman DPR juga tidak akan ragu untuk menganggarkan,” ungkap Zola.

Terkait pelantikan pengurus Dekopinwil Provinsi Jambi Masa Bakti 2015 - 2020 dan pelantikan Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Provinsi Jambi, Zola berharap agar pengurus Dekopinwil Jambi dan pengurus Perwira yang baru dilantik bisa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Provinsi Jambi.

Zola juga berharap Dekopinwil (dari koperasi) dan Perwira (dari UKM) menjadi penyokong pemerintah untuk dapat menyehatkan dan juga menjalankan roda perekonomian koperasi dan UKM.

“Kita juga harus mulai dari tingkat kabupaten dan kota supaya Pemkab/Pemkot membantu kami Pemprov dalam pembinaan dan pengambangan koperasi dan UKM,” jelas Zola.

Sebelumnya, diadakan pelantikan pengurus Dekopinwil Provinsi Jambi Masa Bakti 2015 – 2020 oeh Ketua Dekopin, H.Andi Muhammad Nurdin Halid, dengan H.Zoerman Manaf, yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi sebagai Ketua Dekopinwil Provinsi Jambi.

Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia,  Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga juga hadir dalam acara tersebut. (Mustar Hutapea)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar