Home » , » Ini Daftar Rotasi 12 Menteri di Reshuffle Kabinet Jokowidodo-JK Jilid II

Ini Daftar Rotasi 12 Menteri di Reshuffle Kabinet Jokowidodo-JK Jilid II

Written By jambipos-online on Wednesday, July 27, 2016 | 6:31 PM

Jambipos Online, Jakarta-Presiden Jokowi merotasi 12 menteri di reshuffle kabinet jilid dua ini. Ada drama menarik di dalamnya, dua menteri mantan Golkar digantikan oleh dua menteri mantan Golkar yang lebih senior.

Dua menteri eks Golkar yang dicopot Jokowi dari kursi menteri adalah eks MenPAN RB Yuddy Chrisnandi yang kini di Hanura dan Ferry Mursyidan Baldan yang kini di NasDem. Hanura dan NasDem tak lain adalah parpol sempalan Golkar.

Ferry Mursyidan Baldan sudah pamit lewat media sosial beberapa saat sebelum Presiden mengumumkan reshuffle kabinet. 

"Dear teman-teman. Saya pamit. Maaf dan Terima Kasih. Saya kembali menjadi politisi sepenuhnya," kata Ferry lewat Facebook, sembari memposting fotonya berbaju putih dengan syal batik warna merah bertuliskan PAMIT di bawahnya.

Ferry memang legowo direshuffle, apalagi yang menggantikannya adalah senior Partai NasDem, Ennggartiasto Lukita, yang lagi-lagi mantan kader Golkar. Enggar dipasang sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Thomas Trikasih Lembong yang ditempatkan sebagai Kepala BKPM.

Sementara itu Yuddy Chrisnandi juga tak bisa banyak protes soal reshuffle kabinet itu. Betapa tidak, dua kader Hanura yakni Yuddy dan Menteri Perindustrian Saleh Husin dicopot Jokowi, sebagai gantinya adalah Ketum Hanura Wiranto yang mengisi kursi Menko Polhukam menggantikan Luhut Pandjaitan yang digeser ke posisi Menko Kemaritiman. Wiranto yang kini jadi orang nomor satu di Partai Hanura adalah mantan petinggi Golkar, bahkan ia pernah jadi capres Golkar di Pilpres 2004 silam dan jadi wapres pasangan JK di Pilpres 2009 silam.

Drama rotasi menteri para mantan kader Golkar ini jadi joke kecil beberapa saat setelah reshuffle kabinet diumumkan Presiden Jokowi. Seskab Pramono Anung yang memperkenalkan Wiranto dan Enggartiasto menyinggung sedikit asal muasal mereka.

"Pak Wiranto pernah jadi anggota Golkar, lalu ke Hanura. Pak Enggartiasto juga pernah di Golkar, sekarang di NasDem, jadi ada alumni Golkar," kata Pramono disambut senyum Wiranto saat memperkenalkan menteri baru di teras halaman Istana Negara, Rabu (27/7/2016).

Golkar sendiri hanya mendapatkan satu kursi menteri. Kursi menteri Golkar diisi oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. 

Berikut daftar lengkap reshuffle menteri:

1. Menko Kemaritiman: Luhut Binsar Pandjaitan
2. Menteri PPN/Kepala Bappenas: Bambang Brodjonegoro
3. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN: Sofyan Djalil
4. Kepala BKPM: Thomas Trikasih Lembong
5. Menko Polhukam: Wiranto
6. Menteri Keuangan: Sri Mulyani Indrawati
7. Menteri Desa dan PDTT: Eko Putro Sandjojo
8. Menteri Perhubungan: Budi Karya Sumadi
9. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: Muhadjir Effendy
10. Menteri Perdagangan: Enggartiasto Lukita
11. Menteri Perindustrian: Airlangga Hartarto
12. Menteri ESDM: Arcandra Tahar
13. Menteri PAN RB: Asman Abnur



Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos