Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Dermaga Ambruk, Puluhan Wisatawan Pulau Berhala Tercebur ke Laut

     
ilustrasi
ilustrasi (Istimewa)

Jambipos Online, Jambi-Sebanyak 20 orang wisatawan dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) yang berkunjung ke Pulau Berhala pada H + 1 Lebaran, Kamis (7/7) malam tercebur ke laut akibat ambruknya dermaga di pulau tersebut. 

Sebanyak sembilan orang wisatawan lokal itu dinyatakan hilang dan hingga Jumat (8/7) masih dicari. Sedangkan 11 orang wisatawan berhasil menyelamatkan diri dengan cara berenang ke tepi pantai tempat wisata yang terletak di Kabupatan Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Seorang wisatawan di Pulau Berhala yang enggan ditulis namanya Jumat (8/7) pagi menjelaskan, terceburnya 20 orang rombongan wisatawan di Pulau Berhala terjadi ketika para wisatawan lokal tersebut tiba di dermaga Pulau Berhala yang menjorok panjang arah ke laut. Ketika berada di pertengahan dermaga menuju pantai, tiba tiba dermaga yang mereka lalui ambruk.

Para wisatawan tersebut pun langsung tercebur ke laut. Sebanyak 11 orang wisatawan berhasil menyelamatkan diri dengan berenang ke tepi pantai pantai. Namun sembilan orang lainnya hilang, termasuk seorang bayi usia enam bulan. Kemungkinan mereka terseret ombak yang cukup tinggi Kamis malam.

Menurut dia, ambruknya dermaga Pulau Berhala disebabkan tiang dan lantai dermaga dari kayu sudah lapuk. Dermaga tidak mampu menahan beban yang terlalu berat. Pihak pengelola wisata Pulau Berhala diduga tidak memeriksa kondisi dermaga yang sudah termakan usia tersebut. Selain itu ketika peristiwa terjadi, pengelola wisata Pulau Berhala tidak ada yang bersiaga di lokasi dermaga.

Dikatakan, puluhan anggota kepolisian resor (Polres) Tanjabtim, Jambi, dan Tim Search and Rescue (SAR) sejak Kamis malam hingga, Jumat (8/7) sudah dikerahkan melakukan pencarian terhadap wisatawan yang hilang di Pulau Berhala. Beberapa orang wisatawan yang sempat dinyatakan hilang ditemukan selamat di lokasi dermaga.

Sementara itu pihak Kapolres Tanjabtim, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Pramono di Muarasabak, Tanjabtim menjelaskan, pihaknya belum bisa memberikan keterangan terkait hilangnya wisatawan di Pulau Berhala tersebut. Puluhan anggota Polres Tanjabtim masih dikerahkan melakukan pencarian tehadap wisatawan yang hilang. (SP)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar